Ribuan Siswa RJ Ikuti Pesantren Ramadhan

0
176

Payakumbuh, Dekadepos.com

Sebanyak 1.118 siswa SD Islam Raudhatul Jannah mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan 1438 H yang berlangsung sejak tanggal 5-17 Juni 2017 bertempat di 2 lokasi yang berbeda yakni Wisma Shago Bungsu, Lubuak Batingkok, Lima Puluh Kota dan Kampus SDIRJ, Payakumbuh.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Agustion yang diwakili Hasnaldi, pada acara pembukaan yang dipusatkan di Shago Bungsu memberikan apresiasi kepada segenap civitas akademika SDIRJ atas terlaksananya pesantren ramadhan yang juga merupakan program pemerintah Kota Payakumbuh melalui dinas pendidikan. Lebih lanjut diharapkan agar peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik agar tujuan dapat tercapai. Pada acara yang juga dihadiri orang tua, Hasnaldi sedikit menyampaikan tausiyah. Ada jalan menuju surga, dan ada jalan yang membawa kepada kesengsaraan dengan mengutip Q.S 92 Ayat 5-10.

Sementara itu Ketua YPI Raudhatul Jannah menyampaikan sambutannya bahwa Ramadhan sejatinya adalah bulan perjuangan, tidak ada alasan untuk bermalas-malasan. Bahkan pada masa Nabi Muhammad SAW sering terjadi peperangan di Bulan Ramadahan seperti perang Badar yang dimenangkan oleh umat Islam. Melalui program ini pihak Yayasan juga melibatkan siswa SMA Islam Raudhatul Jannah sebagai mentor. Hal ini dimaksudkan untuk melatih diri menjadi seorang pemimpin dimasa depan sesuai dengan misi YPIRJ sebagai penyelenggara Leadership School.
Turut memberikan sambutan, kepala UPTD Kec. Payakumbuh Utara & Latina, Khairul Anwar, Kepala Kankemenag diwakili Arham serta pengawas dinas pendidikan, Erizal.

Syamsuardi selaku kepala sekolah melaporkan bahwa materi kegiatan berpedoman pada panduan yang dikeluarkan dinas pendidikan ditambah dengan muatan lokal SDIRJ yang dikemas dalam bentuk Daurah Al Qur’an dan Bimbingan Ibadah. Untuk narasumber terdiri dari para mubaligh, majelis guru, dan alumni SDIRJ.

Disamping pesantren ramadhan juga dilaksanakan kegiatan yang bernapaskan islam seperti penampilan mubaligh cilik, tahfidz qur’an, hafalan do’a bekerjasama dengan denaiTV yang disiarkan setiap hari. Selain itu juga dilaksanakan pengumpulan infak, buka bersama, dan tabligh akbar. Ujar Syamsuardi melaporkan. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here