Riza Falepi : Mari Buat Pilot Project Penanaman Bawang

0
27

Payakumbuh, Dekadepos.com

Pasca Walikota non aktif Riza Falepi memanen bawang varietas P50K di Talang beberapa hari yang lalu. Ternyata hasil panen bawang yang dilakukan Riza bersama petani di Talang berhasil memecahkan rekor nasional jumlah umbi dalam satu lobang penanaman. Menurut keterangan pengurus Forum Komunikasi Petani Peduli Payakumbuh (FKP3) Fairizal Ilyas, jumlah umbi yang diperoleh dalam satu lobang penanaman adalah 32 umbi. “Jumlah ini adalah yang terbesar selama ini di Indonesia menurut teman-teman di Asosiasi Bawang Merah Indonesia,” ujar Fairizal di sela Riza Falepi bersilaturrahim dengan kelompok tani Bakung Jaya, Koto Panjang Dalam, Selasa siang (24/01).

“Saat ini sampelnya sudah dibawa ke Klinik Tanaman Indonesia di Garut untuk dikembangkan lebih lanjut,” ujar pemuda yang akrab dipanggil Ical itu.

Ketua FKP3, Joni Safasni menyebutkan varietas bawang P50K ini diharapkan akan menjadi primadona baru di kota Payakumbuh. bawang tuktuk yang sebelumnya juga ditanam. “P50K maksudnya Payakumbuh 50 Kota. Saat ini sementara masih beredar terbatas di kalangan kami. Kalau Tuktuk bisa diperoleh dari PT. Panah Merah. Panen di Talang berhasil mencapai hasil yang spektakuler karena perlakuan yang ramah lingkungan. Tidak sebutirpun kimia yang masuk dan tidak setetespun pestisida yang dipakai,” ujar Joni yang biasa dipanggil Mosir ini.

“Biaya bisa ditekan habis. Biaya hanya di pengolahan. Sumber daya lokal yang diolah dengan permentasi bakteri ramah lingkungan,” tukuk Mosir.

Riza Falepi sendiri menyampaikan apresiasinya terhadap FKP3 yang telah menjadi partner dalam Gerakan Payakumbuh Menanam untuk Kesejahteraan. Untuk kelompok Tani Bakung Jaya Koto Panjang Dalam, Riza juga memerintahkan FKP3 agar membuat pilot project penanaman bawang merah. Tak ayal para petani yang hadir begitu senang dan gembira dengan rencana Riza tersebut.. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here