Sabtu-Minggu Jadi Puncak Arus Balik Mudik 2017

0
18

Payakumbuh, Dekadepos.com

Sabtu dan Minggu (1-2/7) diperkirakan bakal menjadi Puncak arus balik lebaran Idul Fitri 1438 H/2017 M. arus balik tersebut dari arah Sumbar menuju Riau. Mengingat cuti bersama libur lebaran berakhir dan Senin (3/7) PNS dan pegawai BUMN serta swasta sudah mulai masuk kerja. Diperkirakan volume kenderaan baik roda dua maupun empat dari arah Sumbar menuju Riau akan mendominasi di jalan lintas Nasional Sumbar-Riau di Tanjuang Pati dan Payakumbuh-Bukittinggi. Meski arus balik sudah mulai tampak sejak H+3 lalu, tetapi dua hari ini akan menjadi puncaknya.

Namun begitu, arus balik Sumbar-Riau diperkirakan akan terlihat hingga libur anak sekolah berakhir. Mengingat masuk kerja ASN dan masuk sekolah tidak sama. Sehingga masyarakat yang belum masuk sekolah bisa berlibur lebih lama lagi.
“Memang kita prediksi puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu-Minggu. Karena pegawai mulai masuk kerja, sehingga Minggu paling lambat harus balik,” sebut Kapolres Payakumbuh AKBP. Kuswoto melalui Kasat Lantas Iptu. Yudi Satria, kepada wartawan baru-baru ini.

Menurut Pihak Kepolisian, khususnya Satlantas, pihaknya sudah mempersiapkan rekayasa arus lalulintas jika terjadi kemacetan disepanjang jalan nasional Sumbar-Riau tepatnya jalur Payakumbuh-Bukittinggi hingga perbatasan Payakumbuh-Limapuluh Kota. juga memberlakukan sistim buka tutup jalur masuk pusat Kota Payakumbuh. Tidak saja itu, tetapi jalan alternatif untuk mengurai kemacetan juga sudah dipersiapkan seperti hari-hari sebelumnya. Meski begitu, diperkirakan arus balik Sumbar-Riau pada puncaknya hari ini padat lancar.

“Kita sudah siapkan rekayasa arus lalulintas. Kemudian juga jalur alternatif dan sistim buka tutup menuju pusat kota Payakumbuh. Ucap Yudi Satria.

Hal serupa juga disampaikan Kasat Lantas Limapuluh Kota AKP. ZulHermansyah kepada wartawan, bahwa, puncak arus balik akan terjadi Sabtu dan Minggu. Meski begitu, sebutnya arus balik Sumbar-Riau pada lebaran 1438 H ini sudah terpantau sejak H+3 lalu. Sehingga diperkirakan arus Balik tidak akan menimbulkan kemacetan berarti. Meski begitu pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengurai kemacetan terutama di titik-titik tertentu seperti pasar tumpah dan persimpangan jalan. Mengingat beberapa waktu lalu, kemacetan terjadi karena pertemuan kenderaan di persimpangan Tanjuang Pati.

“Mudah-mudahan lancar dan tidak ada kendala. Kemudian kita juga sudah menempatkan anggota ditempat-tempat seperti persimpangan jalan dan pasar tumpah. Kemudian di Kelok Sembilan juga ada pos Pam,”. Ucapnya. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here