Sambut Perantau, Simawang Saiyo Gelar Pacu Biduak

0
78

Batusangar. Dekadepos.com

Memeriahkan hari raya Idul Fitri 1438 H dan menyambut perantau Nagari Simawang serta Pulang Basamo Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) se-Nusantara. Dewan Pimpinan Pusat Simawang Saiyo akan menggelar Lomba Pacu Biduak, yang dipusatkan di Dermaga Ombilin Danau Singkarak, 28-29 Juni 2017 mendatang. Ketua Umum DPP Simawang Saiyo, M. Nur Idris kepada Dekadepos ,Minggu kemaren mengatakan kegiatan pacu biduak yang akan diselenggara kan ini bertujuan untuk sebagai event nagari Simawang sekaligus sebagai hibur an bagi anak nagari dan perantau yang pulang kampung sambil memeriahkan hari raya idul fitri tahun ini.

“Pacu biduak ini digelar sebagai event tahunan. Disamping untuk mem bangkitkan kembali permainan tradisional sekaligus hiburan bagi perantau dan wisatawan yang datang ke danau Singkarak” ujar M. Nur Idris usai rapat per siapan panitia, Minggu (14/5).

Kegiatan pacu biduak ini akan memperebutkan piala dari perantau Sima wang Saiyo dan perantau IKTD serta hadiah uang tunai jutaan rupiah. Sementa ra untuk katagori lomba ada dua kelas yakni perorangan dan ganda dengan memakai biduak tradisional. Peserta pacu biduak nantinya berasal dari anak nagari salingka danau Singkarak.

“Tahun ini lomba pacu biduak akan memperebutkan piala dan hadiah dari perantau Simawang dan IKTD. Baik untuk kelas perorangan maupun ganda dengan hadian jutaan rupiah” ungkap M. Nur Idris.

Anggota DPRD Kota Bukittinggi ini juga menerangkan bahwa disamping kegiatan pacu biduak akan ada juga kegiatan festival randai anak nagari Sima wang dan hiburan rakyat berupa musik dendang dan lagu KIM. Khusus untuk KIM kata Idris, akan menyediakan hadiah-hadiah yang menarik. Untuk memerihkan rangkaian acara itu, Idris sangat berharap adanya partisifasi perantau Simawang dan juga dukungan dari pemerintah daerah Ta nah Datar untuk menjadikan event pacu biduak sebagai keg iatan rutin tahun an Pemkab Tanah Datar. Acara tahun ini juga akan diselenggarakan rapat koor dinasi antar perantau nagari Simawang se-indonesia.tambahnya. (Edis/Aldo ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here