Sampah Menumpuk, Bau Menyengat Puluhan Warga Nunang Gelar Aksi

0
29

Payakumbuh. Dekadepos.com

Puluhan warga Nunang Daya Bangun, tepatnya di seputaran Tranport Depo Kelurahan Nunang lama melakukan aksi protes terhadap adanya tumpukan sampah yang sudah sudah berbau menyengat karena telah menumpuk mencapai puluhan hari dan tidak diangkut oleh mobil pengangkut sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional di Kelurahan Ampangan Kecamatan Payakumbuh Selatan.
addtexttophoto8-1-2017-9-25-40
Menurut warga, kondisi tersebut sudah berlangsung cukup lama, sehingga warga menjadi terganggu. Sebab menghirup bau yang tak sedap. Sebelumnya Hal itu tidak pernah terjadi, sehingga baru pada Minggu pagi (8/1) sekitar pukul 08.00 Wib warga melakukan aksi protes dengan cara membentangkan spanduk bertuliskan ” Kami warga Nunang menolak penumpukan sampah”.

” Kami tidak menolak adanya tempat ini di Kelurahan ini, namum kami menolak dengan adanya penumpukan sampah selama puluhan hari. Sehingga menyebabkan bau menyengat dan lalat cukup banyak”. Sebut warga serentak.
addtexttophoto8-1-2017-9-27-32
Menurut warga, kondisi tersebut sudah meresahkan mereka. Sementara petugas pengangkut sampah baru akan datang jika dihubungi /ditelpon beberapa kali. Parah nya, menurut warga tumpukan bahkan sampai ke trotoar.

Sementara, Men Apris, Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan di Dinas Lingkungan Hidup yang berada di lokasi Transport Depo menyebutkan bahwa terjadi nya penumpukan sampah karena kurang nya jumlah personil, apalagi jumlah becak motor pengangkut sampah ke Transport Depo bertambah sehingga volume sampah di sama juga bertambah.
addtexttophoto8-1-2017-9-28-53
” Tenaga operasional kita disana kurang. Mobil pengangkut ada dua unit, Sementara petugas hanya ada tiga orang dari yang seharusnya/idealnya enam orang. Apalagi budaya warga yang membuang sampah masih kurang Bagus”. Sebutnya.

Ia juga membantah adanya penumpukan hingga puluhan hari. Untuk mengatasi persoalan itu ia menyebutkan bahwa tidak akan mengizinkan lagi becak motor yang mengantar kan sampah ke Depo itu diatas jam 10.00 Wib. Selain itu ia juga berharap warga agar menaati aturan yang sudah diedarkan. Yakni, membuang sampah dari jam 6.30 sore – 6.30 pagi. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here