Satgas Saber Pungli Bukittinggi Dikukuhkan

0
24

Bukittinggi.Dekadepos.Com.

Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias melantik Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kota Bukittinggi di Aula utama kan tor Balaikota Bukittinggi pada Selasa (7/2) kemaren.

Pada kesempatan itu,Walikota Ramlan Nurmatias menyebutkan pemben tukan Satgas Saber Pungli ini dalam rangka menciptakan Bukittinggi bersih dari segala bentuk pungutan liar.Sekaligus menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo akan saatnya kita semua menindak segala bentuk pungutan liar, sogok an atau suap dan sejenis lainnya.

Walikota mencontohkan,seperti parkir yang disertai dengan karcis yang berlaku.Pengurusan KTP yang dinyatakan gratis,jika ada yang meminta uang ,semuanya itu bisa di tindak lanjuti ,dan yang berwenang menindak lanjutinya ,Kepolisian dann Kejaksaan,ujar Walkota.

Sedangkan tugas dari Satgas Saber Pungli ini melakukan koordinasi deng an instansi terkait dalam rangka mengumpulkan data dan informasi pendukung kegiatan unit satuan tugas. Melaksanakan pemetaan terhadap modus operandi yang dilaksanakan oleh oknum pelaku pungutan liar. Melakukan kegiatan inteli jen dalam rangka memperoleh bahan keterangan yang diperlukan. Melakukan upaya-upaya pencegahan, baik melalui sosialisasi, penyuluhan, pelatihan dan kegiatan lain dalam rangka mencegah terjadinya pungli.

Kemudian,memberantas pelaksanaan pungutan liar secara efektif dan efisien pada instansi atau lembaga pemerintah yang ada di daerah dan instansi pemerintah yang memberikan layanan publik. Melakukan upaya-upaya represif seperti Operasi tangkap tangan (OTT) terhadap para pelaku pungli di daerah dan instansi terkait yang memberikan pelayanan publik.

Disamping tu, Memberikan masukan dan saran kepada ketua pelaksana kegiatan dengan pelaku yang sudah dilakukan penindakan serta tindak lanjut nya , apakah dilakukan penindakan secara administrasi atau secara pidana.ujar Walikota Ramlan Nurmatias.

Untuk tu dengan telah dilantiknya Satgas Saber Pungli Kota Bukittinggi ini diharapkan dapat bekerja maksimal,dan selalu bekerja saling koordnasi satu sama lainnya sesama anggota Satgas Saber Pungi.Sehingga kota Bukittinggi yang bersih dari Pungli betul betul terimplementasikan secara nyata dilapang an,harap Walikota Ramlan Nurmatias.

Hadr pada Pelantikan Satgas Saber Pungli Kota Bukittinggi itu,Ketua DPRD Beny Yusrial,Pimpinan Forkopinda kota Bukittinggi,serta pimpinan SOPD dilingkungan Pemko Bukittinggi.Pelantikan ditanda dengan pemasangan PIN Satgas Saber Pungi secara Simbolis kepada jajaran Ketua dan Sekretaris Satgas saber Pungli Kota Bukittinggi.

Adapun Satgas saber Pungli Kota Bukittnggi yang dilantik sebanyak 53 orang itu,diketuai oleh,Waka Polres Bukittinggi,Yudhi Prasetyo Sucipto. Wakil Ketua I, Hermansyah (Inspektur Kota Bukittinggi), Wakil Ketua II,Alexander Zaldi (Kasi Intel Kejaksaan), Sekretaris,Joni Feri,AP (Kakan Kesbangpol),Wakil Sekretaris I, Albert Zai ( Kabag Ops Polres), Wakil Sekretaris II,Tri Yuswita (Sekre taris Inspektorat). Ketua Pokja Intelijen,Iptu.Luhur Fachri Utomo (Kasat Intel kan Polres).Ketua Pokja Pencegahan,AKP.Rta Suryanti (Kasat Bimas Polres). Ke tua Pokja Penindakan,AKP.Joko Hendro Lesmono (Kasat Reskrim Polres), Pokja Yustisi,H.Mhd.Yunus.Dengan Penanggungjawab,walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias dan Wakil Penanggungjawab,Wakil walikota H.Irwandi.( Aldo )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here