Sekwan Bakal di Ganti, Tiga Srikandi Disiapkan

0
19

Bukittinggi.Dekadepos.com.

Kursi Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Bukittinggi mulai bergoyang kencang.Tiga Srikandi Pemko Bukitinggi disebut sebut tengah dipersiapkan Walikota untuk diajukan mengisi Jabatan Sekwan yang sekarang ini ditempati Rispayanto.

Sudah menjadi rahasia umum,kalau tiga srikandi Pemko Bukittinggi teng ah dipersiapkan untuk diajukanke DPRD Bukittingi untuk mengisi jabatan Sek wan yang tengah ditempati Rispayanto.Sebab pergantiann sekwan itu sangat dibutuhkan dalam rangka penyegaran Pejabat dilingkungan pemko Bukittinggi.

Adapun ketiga Srikandi pemko Bukitingi yang tengah dipersiapkan itu, Dra.Hj.Ellia Makmur,MM ( Kadis Pendidikan dan Kebudayaan ),Tati Yasmarni, SE.MM (Sekretaris Dinas P3APPKB) dan Sustinna,SE ( Sekretaris Badan kepega waian dan Pegembangan Sumber Daya Manusia).Ketiga nama itu cepat ber kembang dilingkungan DPRD dan pemko Bukittinggi.Sehingga memunculkan berbagai prediksi dan bisik bisik ditengah tengah ASN dan dilingkungan anggo ta DPRD Bukittinggi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemko Bukittinggi,Yollis Andri yang dihubhungi Dekadepos.com Sabtu (18/2) membenarkan adanya rencana pergantian sekwan.Tetapi siapa yan akan ditem patkan di kursi Sekwan itu dan kapan waktunya, belum ada kepastiannya. Kare na siapa yag akan ditempatkan dan kapan diganti merupakan kebijaksanaan walikota.jadi kita menuggu petunjuk Walikota,ujar Yollis Andri.

Sementara itu,Ketua DPRD Bukittinggi Beny Yusrial ketika dihubungi Dekadepos.com Minggu (19/2) kemaren,membenarkan akan digantinya Sekwan DPRD. Dan kepastian itu telah disampaikan Walikota secara lisan.namun siapa penggantinya dan kapan diganti,kita di DPRD belum menerima secara tertulis atau secara resminya.ujar Beny Yusrial.

Menurut Beny,Tugas sebagai Sekwan merupakan tugas berat dan harus mengerti dengan tugas tugas kedewanan.Disamping itu seorang Sekwan harus bermuka dua,yang satu untuk Pemko Bukittinggi dan yang satu lagi untuk De wan.Sekwan harus mampu menciptakan keseimbangn antara Eksekutif dan legisatif serta memiliki kemampuan berkomunikasi secara timbal balik. Sehing ga dapat menjembatani antara Esekutif dengan Legislatif secara baik.ungkap Beny.

“Seorang sekwan harus mampu menjembatani antara Eksekutif dengan legislatif.Siapaoun yang akan diajukan walikota untuk menjadi Sekwan silah kan saja,kita tidak akan menolak nama nama yhang akan diajukan ,namun yang pasti dewan tentu tidak ingin di intervensi harus menerima siapa yang diaju kan” .ujar Beny Yusrial.

Untuk jabatan Sekwan ini ada prosedurnya,setidanya harus disetujui unsur pimpinan DPRD dan dukungan segenap anggota DPRD.Jadi kalau sudah ada surat resmi dari walikota akan nama nama untuk Sekwan ini,maka Unsur Pimpinan DPRD akan mebahasnya termasuk diadakan rapat Internal segenap anggota Dewan untuk membahas calon Sekwan tersebut,tambah Beny Yusrial .( Aldo )