Semen Padang Bantu 500 Sak Semen untuk Galugua

0
74

Lima Puluh Kota, Dekadepos.com

Keseriusan PT. Semen Padang membantu pembangunan infrastruktur jalan menuju Nagari Galugua, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota pasca banjir dan longsor beberapa waktu lalu, dibuktikan. Akhir pekan kemarin PT. Semen Padang mengirimkan sebanyak 500 sak semen kedaerah Galugua yang diterima lansung Camat Kapur IX, Andri Yasmen. Pendistribusian semen kedaerah Galugua lansung dilakukan dengan menggunakan truk. “Saat bencana dulu kita masih ingat bahwa PT. Semen Padang berkeinginan memberikan bantuan 1000 sak semen untuk membangun infrastruktur jalan menuju Nagari Galugua. Alhamdulillah hari ini bantuan tahap satu sebanyak 500 sak semen sudah tiba,” jelas Camat Kapur IX, Andri Yasmen disela-sela pengiriman semen ke-Nagari Galugua.

Menurutnya, pihak PT Semen Padang tidak sekaligus memberikan 1000 sak semen, karena ingin melihat realisasi dari 500 sak semen yang sudah diantarkan pada tahap pertama ini. Bila realisasinya berjalan baik, maka tidak tertutup kemungkinan bantuan tahap dua sebanyak 500 sak semen lagi bisa segera tiba. “Memang tidak sekaligus diberikan PT. Semen Padang, karena akan dilihat dulu realisasinya. Bila baik dan sesuai peruntukannya maka akan disalurkan bantuan tahap keduanya,” sebut Camat berharap bisa terealisasi dengan baik.

Camat menekankan, agar semen 500 sak ini dapat digunakan untuk pembangunan jalan menuju Nagari Galugua terutama ditempat yang kondisinya cukup sulit dan rusak. Untuk mewujudkan pelaksanaan pembangunan sebut Camat masyarakat Galugua akan melaksanakan gotong royong besar-besaran. Terkait dengan material pasir, disampaikan Andri Yasmen, masyarakat Galugua akan mengumpulkan karekel dan pasir secara swadaya. Sehingga realisasi 500 sak semen bantuan PT. Semen Padang untuk infrastruktur jalan menuju Galugua betul-betul membawa dampak kemajuan bagi masyarakat setempat.

“Jadi masyarakat Galugua sangat senang sekali, mereka akan melakukan gotong royong untuk pengerjaan perbaikan jalan. Kemudian masyarakat juga rela mengumpulkan pasir dan kerekel secara swadaya untuk perbaikan jalan. Kami atas nama masyarakat Kecamatan Kapur IX mengucapkan terimakasih kepada PT. Semen Padang,” ucap Camat Kapur IX menyebut jika penyerahan bantuan semen Padang sudah diserahkan secara simbolis oleh Dirut PT Semen Padang kepada Bupati saat bencana lalu.

Seperti diketahui jalan milik Propinsi Sumatera Barat itu kondisinya sangat memprihatinkan. Ketika hujan dalam hitungan menit saja dengan intensitas sedang hingga lebat bisa dipastikan jalan tanah penuh tanjakan itu sudah berlumpur.

Akibatnya hampir 2.500 orang anak Nagari Galugua terisolir dan terancam tidak dapat berbelanja kebutuhan harian menuju pasar di Nagari Sialang. Tidak mustahil bayang-bayang kelaparan terus menghantui warga Galugua bila jalan sepanjang 34 KM itu tidak kunjung diperbaiki. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here