Sempat Kejar-kejaran, Petugas LPKA Tanjung Pati Amankan Belasan Butir Pil Ekstasi

0
132

Lima Puluh Kota, Dekadepos.com 

Petugas Jaga/piket di Lembaga Pembinaan Khusus Anak/LPKA (dulu bernama Lapas Anak dan Perempuan.red) Tanjung Pati Kabupaten Lima Puluh Kota berhasil menggagalkan upaya penyelundupan puluhan butir Narkoba jenis Pil Ekstasi yang hendak diberikan oleh salah salah seorang pengunjung kepada warga binaan  di LPKA tersebut. Upaya penyelundupan itu dilakukan oleh salah seorang remaja bernama Is pada Rabu (5/7) sekitar pukul 14.00 Wib.

Is yang juga diketahui mantan warga binaan LPKA, telah beberapa kali datang berkunjung untuk menemui seorang warga binaan bernama Kety Yuliana Martin. Saat kejadian, setelah melapor kepada petugas piket untuk bertemu dengan Kety, keduanya lantas sempat mengobral, hingga tak berselang lama Kety memberikan uang sekitar Rp. 150 ribu kepada Is, petugas yang curiga dengan hal tersebut mencoba mendekat dan bertanya terkait uang tersebut termasuk untuk melihat Handphone yang dibawas Is. Namun sayang, ketika petugas mendekat, Is langsung membanting Handphone tersebut. Tak sampai disana, ia juga langsung melarikan diri saat petugas mendekat. Karena curiga, petugas jaga langsung melakukan pengejaran.

Meski berhasil diamankan oleh petugas Piket LPKA, namun Is tak mau bercerita banyak. Karena curiga dengan gelagat tersebut, petugas LPKA akhirnya menghubungi Satresnarkoba Polres Lima Puluh Kota. Dari pendekatan yang dilakukan, petugas berhasil membuat Is “ buka Mulut” dan mendapatkan keterangan jika Is membawa Narkoba dan sempat dibuang saat ia lari dari kejaran petugas LPKA.

“ Kejadiannya tadi siang, memang ada kunjungan dari luar untuk salah seorang warga binaan kita. Namun saat berada pos petugas pemeriksa/piket, anggota kita melihat gelagat yang mencurigakan. Saat hendak dilakukan pemeriksaan, pengunjung yang juga mantan warga binaan di LPKA ini melarikan diri. Dan kita lakukan koordinasi dengan Polisi. Hingga akhirnya diketahui bahwa pengunjung tersebut membawa puluhan butir Narkoba”. Sebut Kepala LPKA Tanjung Pati, Agus Rahamtamin didampingi Kasi PPD, Darisman serta Agusman, Rabu sore (6/7).

Darisman juga menambahkan, Narkoba tersebut berhasil didapatkan oleh petugas setelah sebelumnya dibuang oleh Is yang pernah tersandung kasus pembunuhan itu. Untuk pemeriksaan lanjutan, Is dan barang bukti Pil Ekstasi telah diamankan oleh Jajaran Satresnarkoba Polres Lima Puluh Kota. (Esha Tegar).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here