Sengketa Pilkada Payakumbuh Bakal Segera Disidangkan Mahkamah Konstitusi

0
24

Payakumbuh, Dekadepos.com

Sesuai dengan jadwal yang tertera di website resmi www.mahkamahkonsitusi.go.id, perkara sengketa Pilkada Kota Payakumbuh disidangkan pada Kamis (16/3) mendatang. Gugatan terhadap sengketa Pilkada Kota Payakumbuh yang sampai di Mahkamah Konstitusi akan segera disidangkan. Pada website tersebut, perkara sengketa Pilkada Kota Payakumbuh disidangkan pada pukul 13.00 Wib dengan nomor perkara 27/PHP.KOT-XV/2017 dengan pokok perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Pilkada Kota Payakumbuh dengan pemohon Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri.

Pasangan nomor urut 3 tersebut, akan mengikuti sidang pendahuluan oleh Mahkamah Konstitusi, apakah perkara pemohon terhadap gugatan perselisihan hasil Pilkada dilanjutkan atau tidak ke sidang berikutnya. Sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah pada pasal 158 sudah ditegaskan kabupaten/kota dengan jumlah penduduk sampai dengan 250.000 (dua ratus lima puluh ribu) jiwa.
DSC06820

Pengajuan perselisihan perolehan suara dilakukan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 2% (dua persen) dari total suara sah hasil penghitungan suara tahap akhir yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk Kota Payakumbuh dengan jumlah penduduk hanya berkisar 128ribu serta perselisihan suara sah antara pemohon dengan pasangan yang memperoleh suara terbanyak yakni berkisar 6.6 persen.

Sementara, pemohon Suwandel Muchtar dan Fitrial Bachri yang dihubungi melalui ponselnya terkait sidang perdana di MK tersebut belum memberikan jawaban. Sedangkan, KPU Kota Payakumbuh sudah mempersiapkan kuasa hukum dalam menghadapi sidang MK pada Kamis (16/3) mendatang.“Kuasa hukum dari KPU sudah dipersiapkan,”. Sebut Sekretaris KPU Kota Payakumbuh, Dipa Persada kepada wartawan baru-baru ini. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here