Sengketa Pilkada Payakumbuh Terus Berlanjut, KPU tunggu Surat dari MK

0
32

Payakumbuh, Dekadepos.com

Hingga kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh masih menunggu surat dari Mahkamah Konstitusi (MK), untuk sidang ke-tiga pada 30 Maret mendatang. Bila hasil surat MK kepada KPU berisi mendengarkan putusan, maka Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) dismisal/tidak memenuhi syarat, namun jika materinya isi suarat MK adalah pemeriksaan lanjutan, maka sengketa PHP berlanjut.

“Kita kini menunggu surat dari MK. Dimana setelah dua kali sidang, maka majelis hakim yang menangani perkara PHP Payakumbuh akan rapat pada 27-29 Maret, dan jadwal sidang selanjutnya sesuai jadwal dilakukan pada 30 Maret,” sebut M. Khadafi, Ketua KPU Kota Payakumbuh, ┬ádidampingi Sekretaris KPU Dipa Persada, Jumat (24/3) kepada wartawan.

DSC07018

Disampaikan Dipa Persada, pada sidang pertama 16 Maret lalu dengan materi mendengarkan tuntutan pemohon paslon nomor urut 3. Kemudian pada sidang ke-dua 21 Maret lalu dengan materi pembacaan jawaban termohon dalam hal ini KPU Payakumbuh. “Sidang berjalan lancar, masing-masing pihak telah melengkapi dokumen dan bukti pembelaan. Jadi kini kita menunggu dewan hakim bermusywarah untuk selanjutnya masuk pada sidang ke-tiga dan kita menunggu surat pemberitahun dari MK,” jelasnya.

Surat MK nantinya sebut Dipa, akan disampaikan kepada KPU secara tertulis. Kemudian jika materinya pemeriksaan selanjutnya maka KPU akan menyispkan saksi-saksi untuk menghadapi sidang selanjutnya. Namun, bila keputusan MK pada sidang ke-tiga nanti memutuskan jika ternyata PHP Pilkada Payakumbuh Dismisal maka, KPU berdasarkan surat keputusan MK akan melakukan penetapan calon terpilih dalam tempo 3×24 jam.

“Jika PHP diputuskan Dismisal, maka kita akan masuk tahapan selanjutnya yaitu menetapkan pasangan terpilih dalam Pilkada lalu. Penetapan harus dilaksanakan dalam waktu 3×24 jam,” sebut Ketua KPU M. Khadafi. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here