Setelah Dipuji Bupati, Giliran Wabup Berikan Apresiasi Kepada Walinagari Tarantang

0
143

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Walinagari yang satu ini, memang pantas mendapat pujian dari atasannya Bupati dan Wakil Bupati. Betapa tidak, dialah satu-satunya Walinagari yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, selain punya tanggungjawab moral untuk membina dan membangun masyarakat dan nagari yang dipimpinnya, dia juga berperan memperhatikan masa depan para generasi muda Kabupaten Limapuluh Kota dengan program peningkatkan ilmu pengetahuan melalui lembaga keterampilan yang dipimpinnya.

Siapa dia Walinagari hebat itu? Dialah Sudahri, SW, SE, Walinagari Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, yang sudah banyak berbuat untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) para generasi muda yang ada di daerah ini, dengan cara mengirim para remaja itu untuk mengikuti pelatihan keterampilan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) sejumlah kota besar di pulau Jawa.

Menurut cacatan media ini, sedikitnya Sudahri SW, SE yang juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD di Kabupaten Limapuluh Kota itu, sudah berhasil mengirimkan 84 orang pemuda-pemudi dari 80 Nagari yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota untuk mengikuti kegiatan pelatihan keterampilan ke BBPLK Semarang dan BBPLK Bekasi.

Dari 84 orang para generasi muda itu, 64 orang diantaranya dikirim ke BBPLK Semarang mengikuti pelatihan program administrasi perkantoran dan program Sekretaris. Sedangkan 20 orang lagi dikirim ke BBPLK Bekasi, mengikuti program operator otomasi elektronika, teknik komputer, teknik telepon seluler.

Diakui Sudahri SW,SE, selama mengikuti pendidikan dan pelatihan, mareka dididik selama 320 jam atau selama 45 hari. Hebantnya, selama mengikuti pendidikan atau pelatihan semua biaya gratis atau ditanggung oleh BBPLK, termasuk transportasi pulang-pergi, makan, asrama, asuransi, baju pelatihan, sepatu, sertifikat pelatihan, dan ijazah kompetensi dari BNSP pusat ( Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

“ Jika tak ada aral melintang, sebanyak 8 orang lagi pemuda-pemudi asal Kabupaten Limapuluh Kota pada tanggal 22 April 2018 mendatang, akan kita berangkatkan mengikuti pelatihan urusan mobile programming ke BBPLK Bekasi,” ungkap Sudahri SW,SE.

Terpisah, Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan mengaku bangga sekaligus mengapresiasi kelebihan dan kehebatan Walinagari Tarantang, Sudahri SW,SE.

Betapa tidak, disamping melaksanakan tugas sebagai Walinagari, Sudahri SW, SE  juga turut memikirkan nasib pemuda-pemudi yang ada di Kabupaten Limapuluh kota, melalui program pelatihan keterampilan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan mereka.

“ Dari kegiatan pelatihan keterampilan itu, tentu sangat diharapkan akan lahir generasi muda Kabupaten Limapuluh Kota yang siap pakai dan mandiri. Artinya, dalam mencari pekerjaan para pemuda-pemudi itu sudah kompeten dibidangnya,” ungkap Wabup Ferizal Ridwan. (est)