Setelah JESIGO, Nagari Andiang Bersiap Jadi Sentra Jeruk Siam Jer-Man

0
139

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Setelah Jeruk Siam Gunung Omeh (Jesigo) dikenal seantero Sumatera Barat bahkan Nasional, kini giliran jeruk Siam Jer-Man di Nagari Andiang, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, dijagokan masyarakat. Bahkan disebut-sebut pada tahun 2018-2020 mendatang ribuan masyarakat Andiang sudah makmur dengan jeruk Siam Jer-Man. Karena hingga kini sudah ratusan hektare masyarakat menanam jeruk Siam Jer-Man di lahan-lahan tidur. “Kita siap menjadi sentra penghasil jeruk Siam Jer-Man di Andiang. Kini, hasil tanam masyarakat sejak beberapa tahun lalu sebahagian sudah panen, namun masih banyak yang terus menanam,” sebut Walinagari Andiang Gusfialdi didampingi Ketua Bamus, Dt Moja Bosa.

Walinagari pilihan rakyat Andiang ini sangat komit dan optimis kalau selangkah lagi masyarakat Andiang menikmati hasil kerja kerasnya sebagai petani jeruk Siam Jer-Man. Disamping tingkat perekonomian meningkat, sektor pendidikan dan kesehatan masyarakat akan meningkat tajam. “Kita mengucapkan terimakasih kepada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Limapuluh Kota, karena telah memberikan pendampingan dan supor kepada petani jeruk secara berkelanjutan. Kemudian juga telah meresmikan nama jeruk Nagari Andiang dengan nama Jer-Man Siam Andiang,” ucap Walinagari.

ccc

Dia berharap agar kedepan Dinas Tanaman Panganan Holtikultura terus memberikan pendampingan dan komitmen dalam memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada petani jeruk. Dengan begitu semangat masyarakat dalam bertani jeruk terus meningkat dan cita-cita Andiang menjadi sentra penghasil jeruk Siam Jer-Man tidak hanya sekedar mimpi belaka. Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Limapuluh Kota Aprizul Nazar, secara resmi memberikan nama untuk jeruk Siam Andiang. “Kita sangat apresiasi masyarakat Nagari Andiang, karena mampu menyulap lahan tidur menjadi produktif. Ini tentu hendaknya menjadi contoh bagi masyarakat lainnya di Limapuluh Kota. Sehingga lahan-lahan tidur selama ini bisa bernilai ekonomi bagi masyarakat dalam rangka menambah pendapatan,” sebut Aprizul Nazar, disela-sela meresmikan nama Jeruk Siam Andiang.

Menurutnya, tanaman jeruk Siam sangat menjanjikan untuk peningkatan pendapatan masyarakat. Mengingat jeruk sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat luas. Bahkan berbagai varian air jeruk sudah dikemas dalam berbagai bentuk minuman segar yang sudah menjadi minuman favorit masyarakat moderen. “Jadi kita akan terus memberikan penyuluhan dan supor kepada petani jeruk. Kemudian juga kita akan memberikan sekolah lapangan kepada petani, sehingga berbagai kendala mulai dari hama ulat, dan penyakit lainnya bisa diatasi,” sebutnya.

Untuk saat ini sedikitnya 4 hektare lahan jeruk Siam Jer-Man Andiang sudah panen. Sedangkan ratusan hektare lahan jeruk lainnya kondisi jeruknya sudah berusia muda dan diprediksi tahun 2018 sudah bisa panen. Memang masih ada beberapa Jorong seperti Jorong Kampuang Baru, Siboka dan Simpang Limo, belum begitu banyak membudidayakan tanaman jeruk Siam. Tentu saja kedepan semua Jorong di Nagari Andiang diharapkan bisa menjadi sentra jeruk Siam Jer-Man Andiang. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here