Siang Ini di Payakumbuh, Aksi Bela Islam II

0
25

PAYAKUMBUH. Dekadepos.com.

Aksi Damai Bela Islam II tidak saja akan dilaksanakan oleh Umat Islam di Jakarta, namun menurut rencana Aksi serupa juga akan di lakukan di Payakumbuh. Dari informasi yang berhasil di rangkum, sejumlah mahasiswa dan komponen masyarakat akan ikut dalam aksi bela Islam II yang dipusatkan di Tugu Adipura Pusat Kota Payakumbuh pada Jumat siang (4/11).

Sebelumnya, dalam Aksi bela Islam II, ribuan warga Sumbar berangkat menuju Jakarta. Termasuk dari Kota Payakumbuh dan Kab. 50 Kota. Rombongan di Payakumbuh berangkat dari Kantor Balaikota Payakumbuh Ex. Lapangan Kapten Tantawi pada Selasa (1/11) baca : http://www.dekadepos.com/2016/11/01/aksi-bela-islam-ii-ribuan-umat-islam-sumbar-berangkat-hari-ini/

Novrido, Mahasiswa Peternakan Unand Kota Payakumbuh yang juga Koordinatora Aksi Bela Islam II di Payakumbuh ketika dihubungi membenarkan bahwa memang nanti siang akan ada Aksi Damai di Tugu Adipura Payakumbuh. “ Memang nanti siang akan kami gelar aksi damai bela Islam di Tugu Adipura Payakumbuh. Nanti kami juga akan orasi”. Sebutnya.

Ia juga menambahkan, dalam aksi nanti siang diperkirakan akan diikuti sekitara 150 orang yang berasal dari HMI dam Aliansi Kota Payakumbuh. Dalam aksi damai nanti mereka juga akan membawa sejumlah atribut.

Syaiful Anwar, Sekretaris Umum (Sekum) Daerah Kahmi Kota Payakumbuh & Kab. 50 Kota ketika dihubungi terkait rencana Aksi Damai Bela Islam II di Tugu Adipura Payakumbuh menyebutkan, bahwa jika memang akan ada aksi Damai di tugu Adipura nanti siang. Ia mengaku siap ikut. “ Jika memang akan ada Aksi Bela Islam II yang akan digelar di POLYMPUS DIGITAL CAMERA

ayakumbuh, kita inshaallah akan ikut. Sebab untuk ke Jakarta kemarin kita tidak bisa ikut karena ada halangan. Intinya kita mendukung aksi yang digelar di Jakarta nanti siang”. Ucap pria yang juga Seorang Dosen di salah satu Kampus di Payakumbuh ini, Jumat pagi (4/11).

 

Mantan Komisioner KPU Kab. Lima Puluh Kota ini juga menambahkan bahwa dalam, Press Rillis yang dikirim Pengurus Besar (PB) HMI, juga berisi sejumlah hal yang didasarkan kepada rapat bersama PB HMI dan Pengurus HMI Cabang se-Jabotabek di sekretariat PB HMI, Jl. Sultan Agung No 25, pada Selasa, 01 November 2016.

Beberapa hal tersebut sebagai berikut:

  1. Presiden Joko Widodo harus menjadi pemimpin yang tegas, adil, dan bijaksana bagi masyarakat Indonesia, dengan tidak melindungi Sdr. Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dari jeratan hukum atas kasus penistaan Agama Islam.
  2. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebagai aparat penegak hukum harus segera melakukan proses penindakan hukum terhadap Sdr. Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dengan seadil-adilnya.
  3. Meminta kepada seluruh masyarakat Untuk tetap bersikap tenang, menjaga kondusifitas dan tidak terprovokasi dan tidak melakukan tindakan provokatif yang mengarah/melebar kepada konflik sosial, suku dan agama yang dapat mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  4. Mengintruksikan kepada seluruh anggota/kader HMI Cabang se-Indonesia untuk turun aksi serentak pada 04 November 2016 di daerahnya masing-masing dalam mendorong proses penegakkan hukum dalam kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Sdr. Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

Dukungan terhadap Aksi damai di Payakumbuh juga dilontarkan oleh Febriansyah, Aktivis Mahasiwa Islam. Menurutnya aksi bela Islam tersebut juga merupakan instruksi dari Pengurus Besar HMI Pusat. “ Kita tentu mendukung aksi damai Bela Islam yang akan digelar kawan-kawan mahasiswa nanti siang di Tugu Adipura Payakumbuh”. Sebutnya. (Esha Tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here