Bantah Sepi Peminat, Kadis UKM : 800 Pedagang Sudah Mendaftar

0
26

Payakumbuh, dekadepos.com –

Cita-cita Payakumbuh sebagaimana visi Walikota Payakumbuh, Riza Falepi untuk mewujudkan pusat pertumbuhan ekonomi baru kembali segera dapat dinikmati masyarakat. Pasar padang kaduduk, Payakumbuh utara yang dibangun dengan dana Tugas Perbantuan (APBN) tahun 2016 sampai dengan akhir Desember lalu akan segera difungsikan.

Menyikapi pemberitaan miring dari beberapa media terkait belum beroperasionalnya pasar Padang Kaduduk di kecamatan Payakumbuh Utara, Kepala Dinas UKM dan Pasar, Dahler angkat bicara. Pembicaraan terkait persiapan peresmian pasar padang kaduduk disampaikan lebih detil di ruang kerja Bidang Pasar, Pasar Ibuh (4/7/2017)

Dahler menyampaikan bahwa antusias pedagang untuk berjualan di pasar padang kaduduk sudah sangat tinggi, tercatat lebih dari 800 pedagang yang mendaftarkan diri, sementara quota kios yang tersedia hanya sekitar 228 kios dan los pedagang, saat ini sudah over quota sehingga kita lakukan seleksi pedagang yang akan berjualan disana.

“Jadi tidak benar kalau pasar padang kaduduk ini sepi peminat” pungkas Dahler.

Lebih lanjut Dahler menyebutkan bahwa untuk peresmian pasar padang kaduduk ini masih butuh beberapa tahapan proses lagi, antara lain persiapan sarana dan prasarana pasar seperti sumber listrik tiap kios, sumber air bersih, drainase, serta penimbunan pemadatan dan perkerasan lahan pasar padang kaduduk yang masih bergelombang. “Terkait anggaran melengkapi sarana ini disiapkan oleh APBD di tahun 2017 ini”, imbuh Dahler.

“Setelah pekerjaan tersebut selesai, Dinas Pasar dan UKM segera menyampaikan ke Pemerintah Pusat untuk tindak lanjut peresmian pasar padang kaduduk”, jelas Dahler.

Untuk peresmian pasar padang kaduduk ini juga musti berkodinasi dengan pihak Kementerian Perdagangan RI, Jakarta Pusat. “Jadi kepastian kapan tanggal mulai dioperasikan pasar padang kaduduk ini memang butuh proses” ujar Dahler.

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi dalam kesempatan yang berbeda juga menanggapi bahwa keseriusan Pemko Payakumbuh untuk fokus membangun daerah 5 tahun kedepan dan sangat butuh dukungan dari semua pihak termasuk insan pers.

“Mari kita fokus bangun bersama Kota Payakumbuh ini, mari wujudkan energi positif pembangunan daerah melalui pemberitaan media yang profesional dan proporsional. Walaupun 5 tahun tidaklah cukup, namun landasan yang kokoh untuk itu kita ciptakan dulu dengan prinsip manajemen, rasa optimis, etos kerja, sikap pandang positif dan kemauan yang baik tentunya”, ungkap Riza. (esha tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here