Sikapi Rohingya, Kesbangpol Ajak Masyarakat Tenang

0
157

Payakumbuh, Dekadepos.com

Beragam foto, video hingga pemberitaan miris terkait konflik sosial yang melanda Rohingya di perbatasan Bangladesh-Myanmar memicu emosi masyarakat. Kekejaman yang disaksikan sangat diluar rasa kemanusiaan dan memicu gejolak emosi masyarakat. Menyikapi hal itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Payakumbuh, Ifon Satria Chan menghimbau agar masyarakat tetap tenang. Sebab pemerintah telah melakukan upaya yang jelas untuk menangani persoalan yang tengah terjadi.

“Meski kita semua merasa sangat terluka dengan peristiwa dan kejadiaan yang diluar rasa kemanusiaan terjadi terhadap masyarakat Rohingya di Myanmar, namun kita harus menjaga diri agar tetap tenang dan tidak melakukan tindakan yang melawan hukum dan bereaksi berlebihan,”ucap Ifon kepada wartawan Selasa (5/9) pagi dikantornya kawasan Koto Nan IV.

Hingga saat ini, belum ada informasi dari organisasi masyarakat (Ormas) yang akan mengambil sikap berlebihan menyikapi hal terbut. “Pemerintah sudah mengirimkan Menteri Luar Negeri (Menlu) ke
Myanmar serta menghubungi PBB, tentunya sudah menjadi upaya keras yang telah dilakukan Pemerintah untuk persoalan kemanusiaan di Rohingya,”tambah Kakan Kesbangpol ini.

ia juga menambahkan, saat ini tercatat sebanyak 54 organisasi Masyarakat. Namun dari jumlah tersebut tidak semuanya saat ini dalam kondisi aktif melakukan kegiatan. “Dalam waktu dekat kita akan melihat dan evaluasi izin semua ormas yang ada untuk diperbaharui kembali bagi yang sudah habis limit Surat Keterangan Terdaftar (SKT) nya,” Tambahnya. (Est).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here