SITUJUAH BATUA JADI NAGARI BINAAN UNAND: Walinagari DV Tan Marajo Teken MoU dengan Unand

0
109

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Pemerintah Nagari (Pemnag) Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, membuat Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman Bersama dengan Program Studi (Prodi) Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas (Unand), Padang.

MoU yang didasari oleh keinginan bersama untuk saling membantu dalam Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) tersebut, diteken Ketua Prodi Teknik Pertanian Unand Khandra Fahmi, S.TP. MP.Ph.D dan Walinagari Situjuah Batua DV Dt Tan Marajo di kantor Wali Nagari Situjuah Batua, Minggu sore (13/5/2018).

Hadir menyaksikan penandatangan MoU tersebut, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Unand Profesor Dr Santosa, bersama belasan dosen dan pegawai Unand. Diantaranya, Dr. M. Agita, Dr. Andasuryani, Dr.Eng. M Makky, Dr Dhina Cherie, Ir.Ayendra Asmuti, dan belasan dosen serta staf Unand.

Sedangkan dari Situjuah Batua, selain Walinagari, hadir juga pucuak adat MA Dt Majo Kayo. Kemudian, Ketua Bamus D Dt Paduko Sindo, Ketua LPM Syahril Makinudin, tokoh masyarakat Haji Zul Aidi, serta ratusan alim ulama, niniak mamak, cadiak pandai, PKK, pemuda, dan perangkat nagari.

Sebelum MoU ini diteken, Fakultas Teknologi Pertanian Unand juga melaksanakan pengabdian masyarakat di Situjuah Batua, dengan menggelar tiga sosialisasi sekaligus.

Pertama, ┬ásosialisasi “Pemanfaatan Biomasa Sebagai Energi Alternatif”. Kemudian, sosialisasi “Pemanfaatan BumNag untuk Peningkatan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Mina Padi”. Dan terakhir, sosialisasi pengolahan ubi kayu untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Menurut Ketua Prodi Teknik Pertanian Unand Khandra Fahmi, S.TP. MP.Ph.D, pihaknya sengaja melaksanakan pengabdian masyarakat di Situjuah Batua dan menindaklanjuti dengan MoU karena tertarik melihat semangat masyarakat Situjuah Batua, khususnya Walinagari DV Dt Dt Tan Marajo. “Jarang-jarang kami lihat, Walinagari punya semangat seperti beliau,” katanya.

Khandra menambahkan, setelah membuat MoU, pihaknya akan menindaklanjuti dengan mendampingi Nagari Situjuah Batua dalam pelaksanaan sejumlah program yang sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Nanti, mahasiswa Unand akan kita turunkan ke Situjuah Batua untuk KKN pada bulan Juni. Kemudian, kita juga akan rekomendasikan Situjuah Batua menjadi nagari binaan Unand. Saat ini, baru ada 5 nagari yang dibina Unand di Sumbar. Mudah-mudahan Situjuah Batua jadi yang keenam,” kata Khandra Fahmi, S.TP. MP.Ph.D diamini Dr.Eng. M Makky.

Disisi lain, Wali Nagari Situjuah Batua, DV Dt Tan Marajo, berterimakasih kepada Unand, khususnya keluarga besar Prodi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian yang sudah membina nagarinya, dalam bentuk pengabdian masyarakat dan ditindaklanjuti pula dengan MoU. “Harapan kami, pembinaan ini tidak putus,” kata Tan Marajo yang baru 17 hari menjabat wali nagari.

Dikatakan Tan Marajo, masyarakat Situjuah Batua sangat antusias dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan Unand di nagari mereka. “Bahkan, tokoh perantau Situjuah Batua yang juga Hakim Agung Republik Indonesua, Dr Irfan Fachrudin, saat pulang ke Situjuah pada Sabtu (12/5/2018), mendukung program ini,” kata Tan Marajo. (est)