SONGSONG PEMILU SERENTAK: KPU Limapuluh Kota Gelar Pagelaran Seni Budaya

0
42
Ketua KPU Limapuluh Koia,Ismet Aljanata tanda tangani deklarasi damai.

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com –¬†

Dalam rangka menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menggelar kegiatan Pagelaran Seni Budaya di halaman kantor Bupati, Bukik Limau Sarilamak, Minggu (21/4). Ikut Hadir, Ketua KPU setempat, Ismet Aljanata, Komisioner KPU, Ilham Yusardi, angota KPU, Budi Mulya, PJ Sekda, Taufik Hidayat, anggota DPRD, Ketua-ketua Partai politik beserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Ismet Aljinata mengatakan pegelaran Seni Budaya ini bertujuan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa pada tahun 2019 nanti bakal digelar pesta demokrasi pemilihan umum serentak, pemilihan DPRD, DPRD Provinsi, DPD, DPRD RI, beserta pemilihan presiden.

“Kegiatan ini serentak dilaksanakan oleh seluruh KPU mulai dari KPU RI sampai tingkatkan KPU Kabupaten seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Limapuluh Kota. Ini merupakan sosialisasi agar masyarakat mengetahui tanggal pemungutan suara Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019,”ujarnya.

Selain itu, masyarakat juga ikut mengatahui partai-partai politik yang ikut dalam pemilihan umum beserta maskot pemilu 2019 ‘Sang Sura’. Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota mensukseskan pegelaran seni budaya ini. “Pada pemilu 2019 nanti bakal diikuti 20 partai politik, 16 untuk Indonesia ditambah 4 partai politik lain di aceh,”sebutnya.

Menurutnya, acara ini merupakan bagian dari inovasi kegiatan sosialisasi dengan pendekatan kultur/budaya lokal, sebagai upaya menyadarkan masyarakat tentang adanya pemilu, serta memastikan masyarakat dapat berpartisipasi mensukseskan pemilu dan meyakinkan masyarakat tentang pentingnya menjaga daulat terhadap proses dan hasil pemilu yang menjadi tagline KPU “Pemilih berdaulat negara kuat,” sebutnya.

Dalam kegiatan pegelaran seni ini ditampilkan budaya seni lokal seperti, jalan sehat, mars pemilu, pembacaan ikrar pemilu yang disampaikan oleh perwakilan masing-masing parpol dilanjutkan dengan penandatanagan ikrar, tari pasambahan, penampilan polisi cilik, tari piriang, Silek, KIM beserta hiburan budaya lainnya lengkap dengan doorprize bagi peserta.

Dijelaskan Ismet Aljinata dalam rangka persiapan Pemillu itu, KPU setempat telah menggelar tahapan Pemutakhiran Data Pemilih yang dimulai dengan kegiatan¬† pencocokan dan penelitian (Coklit) Data Pemilih di setiap Kecamatan. “Untuk itu, kami menghimbau masyarakat untuk melaksanakan pendataan dengan baik. Sehingga pelaksanaan pemilu nanti berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal,”pungkasnya.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota dalam sambutannya yang disampaikan PJ Sekda, Taufik Hidayat mengatakan, pegelaran seni budaya ini merupakan langkah awal dalam mensukseskan pemilu 2019 mendatang. Mudah-mudahan dengan digelarnya kegiatan ini dapat mencapai hasil maksimal pada pemilu mendatang.

“Kita tahu pemilu memiliki makna yang cukup besar,dengan suksesnya pelaksanaan pemilu tentunya akan menghasilkan yang besar juga,”ujarnya

Dikatakannya, selama ini penyelenggaran pemilu di Kabupaten Limapuluh Kota dapat berjalan dengan baik dan lancar, untuk itu atas nama pemerintah kabupaten limapuluh Kota dirinya menghimbau agar masyarakat bersama-sama membantu mensukseskan pesta demokrasi tersebut. yang terpenting, bagaimana administrasi perencanaan KPU dapat berjalan dengan baik, prosedur laporan beserta informasi yang jelas dapat dilakukan sesuai dengan petunjuk teknis.

“Kalau sistem ini berjalan dengan baik, kita yakin tingkat kesadaran masyarakat akan meningkat, karena kita mengetahui selama ini kesadaran masyarakat di Limapuluh Kota tidak kalah dengan daerah lain. Untuk itu, kami pemerintah daerah menghimbau semua pihak, mari berkontribusi sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, sehingga capai dan target yang diharpakan dapat diwujudkan bersama-sama. Harapan kita, kesuksesan yang diraih KPU sebelumnya dapat terulang dan berjalan lebih baik lagi,”pungkasnya.

Usai pembukaan pegelaran seni, dilanjutkan dengan deklrasi damai yang dibacakan perwakilan partai politik diantaranya,  PSI, Perindo, Berkarya, Garuda, PDIP, Hanura, NasDem, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Demokrat, PKB, PBB, dan PKPI.

“Kami penyelenggara, peserta dan seluruh elemen lapisan masyarakat kabupaten Limapuluh Kota dengan ini berjanji akan melaksanakan pemilihan umum DPR, DPD, DPRD, dan presiden tahun 2019 berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil secara profesional, berintegritas, berkualitas, bermatabat, independen, efektif dan efesien serta dapat dipertanggung jawabkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apabila hal tersebut kami langgar, kami bersedia dikenakan sanksi moral, sanksi administrasi dan dituntut sesuai ketentuan perundang-undangan,”sebutnya. (est)