Sortir dan Lipat Surat Suara Pilkada 2017 diperkirakan Selesai Besok, Petugas KPU temukan 367 Surat Suara Rusak

0
117

Payakumbuh, Dekadepos.com

Sedikitnya 367 surat suara yang akan dipergunakan pada Pilkada Kota Payakumbuh 15 Februari 2017 mendatang dinyatakan rusak dan tidak bisa dipakai. Kerusakan kertas suara itu diketahui setelah petugas melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara sejak dua hari lalu.

Ketua KPU Payakumbuh, M. Khadafi membenarkan adanya kerusakan surat surat Pilkada Payakumbuh sebanyak 367 lembar. “ Sampai hari kedua penyortiran dan pelipatan Surat Suara digudang Logistik di Kawasan Rangkayo Rasuna Said, Kecamatan Payakumbuh Timur, kita menemukan sekitar 367 surat suara yang rusak,” sebutnya.

Kerusakan tersebut, diperkirakan akan terus bertambah, mengingat proses masih berlangsung, dan diperkirakan akan selesai pada Kamis (sebelumnya disebutkan Rabu,red).

Muhammd Khadafi juga membeberkan bahwa, kertas suara yang rusak tersebut diantarannya gambar blur/warna kurang terbang, terpotong, ada titik, bercak, serta berkerut. Namun pada hari ketiga (Rabu.red) petugas menemukan adanya surat suara yang bolong pada tanda gambarnya.

234

Sebelumnya diberitakan, untuk surat suara di Pilkada Payakumbuh yang datang dari percetakan mencapai 45 koli. Dengan rincian Sebanyak 43 Koli untuk Pemilihan pada 15 Februari mendatang (masing-masing koli berisi 2000 lembar), 1 koli (berisi 2000 lembar) untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan 1 koli dengan jumlah 541 lembar. Surat suara dengan total 88.541 lembar itu dibawa dengan truk ekspedisi Pos Indonesia.

Ditempat terpisah, Ketua Panwaslih, Suci Wildanis melalui Anggota Panwaslih, Media Febrina, menyebutkan bahwa pihaknya yang melakukan pengawasan melekat, juga senada dengan KPU terkait jumlah sementara surat suara yang rusak. “ Dari laporan dan pengawasan yang kita lakukan, memang untuk jumlah kerusakan surat suara sementara, mencapai 367 lembar”. Sebutnya Rabu siang (25/1).

Hingga kini, proses penyortiran dan pelipatan surat suara masih berlangsung di Gudang KPU, berbeda dengan Pemilu sebelumnya, pada penyortiran dan pelipatan surat suara kali ini, KPU tidak lagi memperkerjakan masyarakat. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here