SPBU ‘NAKAL’ DI TANJUANG KALIANG DISEGEL POLISI

0
24

Lima Puluhkota, Dekadepos.com

Diduga Timbun Bahan Bakar Minyak (BBM) Jenis Premium sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) nomor 14262 585 milik Eki Anas yang terletak di jalan raya Payakumbuh-Lintau, tepatnya di Tanjung Kaliang, Andaleh, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota, disegel oleh Pihak Kepolisian dari Polres Payakumbuh.

Hal tersebut dipicu karena dugaan pengusaha SPBU yang melakukan sejumlah cara untuk mencari keuntungan, salah satunya adalah melakukan aksi dugaan penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam tanki induk. Menurut informasi yang diperoleh dilapangan, terungkapnya dugaan kasus penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium itu, berawal ketika Kabag Ops Polres Payakumbuh, Kompol Basrial, Senin (289/5) sekira pukul 06.30 Wib mencurigai ada yang tidak beres di SPBU milik PT. Sago Kamuyang Sejati.

Di areal SPBU tersebut terpampang plang bertuliskan; BBM dalam pejalanan. Meskipun ada plang pengumuman di areal SPBU yang menyatakan BBM dalam perjalanan, namun sebagai anggota polisi insting Kompol Basrial menduga ada yang tidak beres di SPBU tersebut. Tak pelak, untuk menjawab kecurigaannya, Kompol Basrial, menghubungi piket/Ka.SPK Polres Payakumbuh untuk turun ke lokasi SPBU.

Dibawah komando Kompol Basrial, akhirnya anggota Polres Payakumbuh yang turun ke lokasi melakukan pengecekan dengan cara mengukur stok BMM yang tersimpan dalam tanki induk milik SPBU tersebut. Ternyata benar, didalam tanki induk SPBU nomor 14262 585 milik Eki Anas itu, pihak kepolisian Polres Payakumbuh menemukan sebanyak lebih kurang 15, ton BBM jenis premium.

“ Karena ada indikasi melakukan dugaan penimbunan BBM jenis premium, maka untuk pengusutan lebih lanjut pihak Polres Payakumbuh terpaksa menyegel atau memberi polis line terhadap pompa BMM jenis premium SPBU nomor 14262 585 milik Eki Anas itu, “ ujar Kapolres Payakumbuh, AKBP Kuswoto melalui Kasatreskrim Iptu Wawan Dermawan, ketika dikonfirmasi, Senin (29/5).

Diungkapkan Kasatreskrim Iptu Wawan Dermawan, untuk pengusutan dugaan penimbunan BBM jenis premium ini, penyidik sudah memanggil petugas pegawas SPBU, Alvino. Dari pengakuan Alvino, ulas Iptu Wawan Dermawan, BBM jenis premium tersebut datang ke SPBU pada tanggal (28/5) jam 22.Wib. Masih menurut pengakuan Elvino, berdasarkan kebijakan Direktur, Eki Anas, sebagai pemilik SPBU BBM jenis premium tersebut dijual 07.00 besok paginya. Tujuannya, untuk mengantisipasi pembelian derigen oleh masyarakat.

“ Yang jelas, penyidik Polres Payakumbuh masih mendalami dugaan penimbunan BBM ini. Sebagai bukti sudah diamankan plang berisi pengumuman yang dipajang pihak SPBU di areal SPBU,” pungkas Kasatreskrim Iptu Wawan Dermawan.

Sementara itu pemilik SPBU SPBU nomor 14262 585 milik Eki Anas, ketika dihubungi melalui telepon genggamnnya mengaku belum mendapat laporan dsri anak buahnya terkait penyegelan pompa BBM jenis premium oleh Polres Payakumbuh. “Saya belum mendapat laporan dari anggota, silahkan saja konfrimasi kepada petugas SPBU di lokasi, “ ujar Eki Anas singkat. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here