Susun Renja dan Sambut Pemilu 2019, Satpol PP dan Damkar Gelar Forum Pertemuan OPD

0
50

Payakumbuh, Dekadepos.com

Menyempurnakan dokumen rencana kerja (Renja) sekaligus persiapan menyambut Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) menggelar pertemuan dengan stakeholder dalam acara Forum OPD Satpol PP dan Damkar yang digelar di Aula lantai 3 Balaikota Payakumbuh, Bukik Sibaluik pada Kamis  15 Maret 2018.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala BNNK Payakumbuh Firdaus ZN, perwakilan Dandim 03/06 50 Kota, Perwakilan Kapolres Payakumbuh, Perwakilan Danyon 131 B/S, Danramil 01 Payakumbuh, Kapolsek Payakumbuh, Kejaksaan Negari Payakumbuh, Camat se Kota Payakumbuh, Babinmas dan Babinsa se-Kota Payakumbuh, serta personil Satpol PP dan Damkar Kota Payakumbuh. “Pertemuan ini sengaja digelar untuk menyempurnakan Renja Satpol PP dan Damkar tahun 2019 yang sedang dalam proses penyusunan, sekaligus berkoordinasi dengan stakeholder dalam rangka menyambut Pileg dan Pilpres tahun depan,” ujar Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Payakumbuh Devitra saat pembukaan forum tersebut.

Dikatakan, Renja merupakan dokumen rencana pembangunan daerah selama satu tahun berisi visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan Satpol PP dalam mendukung pencapaian renstra serta visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota.

“Tugas Pokok dan Fungai Satpol PP dan Damkar adalah membantu walikota dalam melaksanakan urusan pemerintahan dan tugas pembantuan bidang ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat termasuk penanggulangan bahaya kebakaran” urai Devitra.

Dikatakan Devitra, Satpol PP dan Damkar memiliki visi untuk terwujudnya satuan polisi pamong praja dan pemadam kebakaran yang tangguh, tanggap dan profesional.

“Tuntutan kerja di Satpol PP dan Damkar mengharuskan personil tangguh, tanggap dan profesional, sebab kondisi demikian sangat menentukan keberhasilan dalam mengemban amanah dan Tupoksi dari Satpol PP dan Damkar itu sendiri,” jelas Devitra.

Dijelaskan, pada tahun 2019 mendatang banyak program yang akan dilaksanakan oleh Satpol PP dan Damkar Kota Payakumbuh. Diantaranya adalah program pemeliharaan keamanan, ketentraman, ketertiban masyarakat (Kantrantibmas) dan pencegahan kriminal.

“Tahun depan akan ada pesta demokrasi berupa Pileg dan Pilpres. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memilihara Kantrantibmas agar helat demokrasi itu berlangsung sukses dan damai. Bersama aparat TNI/Polri kami siap menjaga situasi kondusif yang selama ini sudah terpelihara di Kota Payakumbuh ini,” ungkap Devitra.

Dikatakan, pihaknya senantiasa melakukan pengawasan, pengendalian dan mengevaluasi kegiatan serta meningkatkan kerjasama dengan aparat keamanan dalam teknik pencegahan kejahatan. Satpol PP dan Damkar juga telah membangun kerjasama dalam rangka pengembangan kemampuan aparat Satpol PP dan Damkar dengan pihak TNI/Polri dan Kejaksaan.

Devitra mengucapkan terima kasih kepada stakeholder Satpol PP dan Damkar yang selama ini telah bekerjasama dengan baik serta berharap agar kerjasama tersebut dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

“Kebersamaan kita dalam Tim 7 selama ini membuktikan bahwa Satpol PP bersama TNI/Polri dan Kejaksaan solid dalam rangka menghadirkan Kantrantibmas bagi warga Kota Payakumbuh, mewakili pimpinan kami ucapkan terima kasih” pungkas Devitra. (Est)