SYUKURI SUKSES, KONTINGEN PORPROV PAYAKUMBUH DIBUBARKAN

0
27

PAYAKUMBUH,Dekadepos

Sukses Payakumbuh dalam Porprov Sumatera Barat XIV/2016, di Padang, diakhiri dengan acara syukuran di Balairung rumah dinas kediaman Walikota Payakumbuh, Selasa (13/12) malam. Syukuran diakhiri dengan pembubaran kontingen Porprov Payakumbuh, setelah sukses mewujudkan target, 10 besar dalam perolehan medali Porprov Sumbar.

Kontingen Kota Batiah  pulang dengan kepala tegak ke Payakumbuh. Meski berada dalam kelompok 10 besar, tapi lonjakan prestasi Payakumbuh, sangat luar biasa. Sekdako H. Benni Warlis selaku  Ketua Kontingen Payakumbuh dan Ketua  Umum KONI diwakili Eri Bastari, melaporkan, prestasi Payakumbuh naik empat anak tangga, dibanding Porprov XIII/2012, di Dharmasraya yang menduduki peringkat ke-14.

Perolehan medali Payakumbuh pada Porprov di Padang, dilaporkan Benni Warlis, mengantongi 31 emas, 56 perak dan 59 perunggu. Naik 15 emas ketimbang Porprov di Dharmasraya dengan perolehan 16 emas, 29 Perak  dan 42  perunggu.

Plt. Walikota Payakumbuh H. Priadi Syukur, dalam sambutannya, mengajak seluruh cabor untuk berbenah diri kembali menghadapi Porprov dua tahun ke depan, di Kabupaten Padangpariaman. Sinergisitas KONI dengan Disparpora sangat diharapkan, untuk memetakan cabor andalan dan unggulan yang harus menjadi perhatian khusus. Lakukan evaluasi dan benahi segera cabor-cabor yang belum memberikan kontribusi medali buat kontingen.

Menurut Priadi Syukur, Pemko Payakumbuh bersama KONI daerah ini telah melakukan pembinaan olahraga yang pantas diteladani daerah lainnya di Sumatera Barat.  Kota Payakumbuh datang ke Porprov, bukan mengejar prestise, tapi berburu  prestasi, dengan mengirim atlet binaan sendiri.

Untuk mengejar prestise dalam multi iven Porprov, sebut walikota, daerah lain tidak sungkan mengimpor atlet dari provinsi lain. Tapi, itu tak dilakukan Payakumbuh, karena ingin menikmati hasil pembinaan yang realistis, bukan untuk mengejar kemenangan sesaat. “Saya bangga dengan pola pembinaan olahraga di Payakumbuh, di bawah pembinaan Walikota H. Riza Falepi,” tegasnya.

Untuk itu, pola pembinaan olahraga di Payakumbuh ini, diminta Priadi Syukur yang juga Kadispora Provinsi Sumatera Barat, untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan. Dari sekarang, lakukan pembinaan berjenjang, dan focus melakukan pembinaan prestasi terhadap olahraga perorangan, seperti atletik, renang, menembak, senam dan olahraga bela diri lainnya. Disamping mendorong terhadap olahraga beregu, guna lebih berprestasi tinggi.

Syukuran dan pembubaran kontingen Porprov Payakumbuh itu, juga dihadiri Wakil Ketua DPRD H. Suparman, Dandim 0306/50 Kota, Letkol Herry Sumitro, anggota Forkopimda lainnya, Asisten II Setdako H. Amriul, Kadisparpora Payakumbuh Hj. Elfriza Zaharman, sejumlah pimpinan SKPD lainnya,  Kepala Bank Nagari Zainal Efendi,  serta pengurus KONI dan cabor, pelatih dan ofisial.(Esha Tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here