Tagana Limapuluh Kota Terima Bantuan Baznas

0
25

Lima Puluh Kota, Dekadepos.com

Sebagai penghargaan kepada sejumlah anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Limapuluh Kota yang turut terlibat aktif saat penanggulangan bencana banjir Pangkalan beberapa waktu lalu, Baznas Limapuluh Kota menyalurkan bantuan kemanusiaan. Sejumlah sebelas anggota Tagana yang menerima bantuan itu,  setelah turun langsung saat evakuasi korban, membantu tempat tinggal korban dan pemulihan.Penyerahan bantuan kemanusian itu, kata Ketua Baznas Limapuluh Kota, Desembri Chaniago adalah bentuk dari partisipasi aktif anggota Tagana dalam membantu korban bencana.

“Dalam aturan penyaluran Baznas, ada ketentuan yang membolehkan memberikan dana Baznas kepada pihak yang ikut aktif dalam gerakan kemanusian. Sesuai dengan koordinasi dengan Dinas Sosial dan Bupati Limapuluh Kota langsung, maka Baznas menyalurkan bantuan itu, ” kata Desembri, Jumat (17/3/2017).

Ikut mendampingi proses penyaluran itu, Wakil Ketua Baznas, H. Jayusman dan
Nursal, Sekretaris Dinas Sosial Limapuluh Kota. Diakui Desembri, anggota Tagana yang menerima penyaluran dana itu, setelah diteliti, memang benar, anggota Tagana yang selama ini aktif.
Hal itu juga diakui Nursal. Katanya, sebelas anggota Tagana yang turun langsung saat penanganan bencana itun, adalah mereka yang selama ini terus aktif.

“Mereka adalah sukarelawan non PNS yang tidak pernah menuntut banyak. Rasa kemanusianlah yang menjadi dasar panggilan jiwa mereka. Karena itu, sebagai bentuk tanggungjawab moral pemerintah, kita berupaya kepada berbagai pihak, agar dapat membantu kebutuhan anggota Tagana. Salah satunya adalah kepada Baznas, “jelas Nursal.

Ditambahkan Jayusman, eksistensi Tagana selama ini, telah terbukti. “Dimanapun ada bencana, kita melihat, anggota Tagana, selalu ikut. Semoga tanpa adanya jaminan penuh dari pemerintah yang selama ini kita lihat, anggota Tagana terus menunjukan kepedulian mereka, ” harapa Jayusman.
Disisi lain, Desembri juga menyatakan ungkapan terimakasihnya kepada bupati atas kepercayaannya kepada Baznas. “Harapan kita, kedepan Baznas tetap bisa membantu menjalankan program kerja pemerintah daerah. Sehingga wujud keberadaan Baznas dapat menyukseskan visi dan misi bupati, “harapa Desembri. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here