Tahun Politik Ditabuh, Kinerja DPRD Payakumbuh Tak Terganggu

0
53
YB. Dt. Permato Alam, Ketua DPRD Payakumbuh

Payakumbuh, Dekadepos.com

Kinerja DPRD Kota Payakumbuh dipastikan tidak akan terganggu dengan dimulainya tahapan pemilihan umum (Pemilu) 3 Oktober 2017 beberapa hari lalu. Dibukanya proses pendaftaran partai politik peserta pemilu, otomatis mesin politik mulai dipanaskan. “Saya rasa tidak akan terganggu kinerja DPRD, karena tahapan verifikasi parpol kan ada pengurus partai. Karena tahapan pendaftaran caleg pada Juli 2018 nanti, kemudian baru kampanye,” sebut Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, kepada wartawan kemarin.

Sesuai fungsi DPRD terkait pengawasan, anggaran dan legislasi semuanya sudah diatur sesuai jadwal. Kemudian DPRD dalam mengambil keputusan kolektif kolegial, artinya bersama. Tentu saja, untuk melakukan pembahasan seperti anggaran ataupun peraturan daerah juga harus didukung dengan eksekutif. “Sesuai fungsi kedewanan tidak akan terganggu. Lagipula dalam pembahasan kita bersama dengan eksekutif, jadi harus mendukung agar kegiatan yang sudah dijadwalkan itu selesai tepat waktu. Kemudian dalam mengambil keputusan DPRD kolektif kolegial,” sebut Politisi Golkar Payakumbuh itu.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Komisi B, Chandra Setipon dimana kinerja DPRD tidak akan terganggu oleh tahapan pemilu serentak legislatif dan pilpres. Walau dilegislatif semuanya orang politik, namun kinerja sebagai Wakil Rakyat sesuai dengan tugas dan fungsi kedewanan tidak akan terganggu oleh tahun politik ini. “Menurut saya tidak ya, kinerja dewan di tahun politik ini akan berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah disusun sesuai kesepakatan. Baik itu terkait fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan. Karena kita sudah berkomitmen mendahulukan kepentingan masyarakat, bekerja untuk masyarakat,” sebut tokoh muda Payakumbuh itu.

Seperti diketahui kini masing-masing parpol sedang berjibaku menyusun salinan data untuk mendaftar di KPU. Pendaftaran parpol ini akan berakhir 16 Oktober ini, setelah itu akan dilakukan Verifikasi Faktual untuk mematikan KTA atau KTP yang disampaikan tidak ganda. Setelah itu, KPU RI akan mengumumkan parpol peserta pemilu 17 April 2019, kemudian dilanjutkan dengan pengundian nomor urut. Tahapan akan berlanjut dengan pendaftaran caleg, dan masa kampanye.

Baca juga : http://www.dekadepos.com/partai-perindo-partai-pertama-serahkan-data-partai-politik-ke-kpu-kota-payakumbuh/

Apalagi, pemilu kali ini adalah serentak antara pileg DPR, DPR dan DPRD dengan pemilihan presiden. Tentu saja, dengan dimulainya tahapan pemilu maka mesin politik mulai dipanaskan. (Est)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here