Tak Netral, KPU “ Sikat” 3 KPPS

0
23

Payakumbuh, Dekadepos.com

Dinilai tak netral sebagai Penyelenggara Pilkada, Tiga orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Payakumbuh Selatan, “Disikat” (dipecat.red) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh. Pemecatan itu dilakukan hanya berselang dua hari setelah mereka dilantik sebagai KPPS pada 14 Januari lalu.

Menurut Ketua KPU, M. Khadafi didampingi Komisioner KPU, Yuzalmon, pemecatan itu mereka lakukan setelah menerima Rekomendasi dari Panwaslih terhadap dugaan keterlibatan KPPS dalam sebuah kegiatan Kampanye, Pasangan Calon Walikota-Walikota Payakumbuh tahun 2017. Hal itu dilakukan sebagai bentuk keseriusan KPU dalam menegakkan aturan.

“ Memang betul, beberapa waktu lalu kita melakukan memberhentikan tiga orang KPPS di Payakumbuh Selatan berdasarkan Rekomendasi dari Panwaslih. Mereka diduga terlibat/ikut dalam kegiatan Kampanye salah satu Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota”. Sebut Khadafi didampingi Yuzalmon, Kamis (26/1) di Kantor KPU Payakumbuh Kawasan Gor Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Utara.

Kedepan, KPU meminta kepada Seluruh Penyelenggara disemua tingkatan di Payakumbuh untuk benar-benar menjaga Integritas dan Netralitas sebagai penyelenggara. Selain itu, Kepada masyarakat KPU juga meminta ikut memantau dan melaporkan jika ada Penyelenggara yang tidak netral.

2

“ Kita juga meminta masyarakat untuk ikut mengawasi Penyelengara Pilkada disemua tingkatan. Sebab kita ingin agar Proses Pilkada bebas dari kepentingan apapun dan siapapun, sehingga hasil Pilkada bisa diterima dan dipercaya”. Tambah Yuzalmon.

Ditempat terspisah, Ketua Panwaslih, Suci Wildanis melalui Anggota Panwaslih, Media Febrina membenarkan bahwa sebelumnya mereka telah mengingatkan PPK terhadap tiga orang anggota KPPS yang terindikasi tidak netral. “ Sebelumnya, kita telah menginstruksikan Panwascam untuk mengingatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terhadap KPPS yang akan dilantik, terkait Integritas dan Netralitas”. Sebut Media Febrina.

Media Febrina juga menambahkan, dari informasi yang dihimpun pihaknya, ketiga KPPS tersebut terindikasi tidak netral terkait kegiatan jalan-jalan dari salah satu pasangan Calon Walikot-wakil Walikota Payakumbuh. “ Meski tidak ikut pergi jalan-jalan, namun ketiganya berfoto/selfie dengan salah satu Paslon”. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here