Temuan Pilkada Payakumbuh, Panwaslih : KPU Langgar Kode Etik

0
24

PAYAKUMBUH. Dekadepos.com.

Rencana Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kota Payakumbuh untuk mengumumkan/menempelkan hasil Rapat pleno mereka terkait Temuan Pilkada yang direncanakan pada Kamis sore (3/11) tak kunjung terlaksana. Meski hingga Kamis pukul 18.30 Wib sejumlah wartawan menunggu untuk mendapatkan hasil temuan tersebut. Namun Panwaslih mengungkapan mereka belum bisa memberikan hasil tersebut.

Hingga pada malam Harinya, sekitar pukul 22.00 Wib, pihak Panwas menyebutkan bahwa hasil tersebut sudah bisa diambil. Dari hasil pleno Panwaslih terhadap temuan piimg_20161103_181159lkada, disebutkan bahwa terlapor (Komisioner Komisi Pemilihan Umum) telah melakukan pelanggaran Kode Etik penyelenggara Pemilu. Sementara terhadap dugaan pelanggaran penetapan Calon Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh tahun 2017 a/n Wendra Yunaldi. SH. MH karena tidak mempunyai Tanda Bukti Tidak Mempunyai Tunggakan Pajak yang dikeluarkan oleh dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat calon yang bersangkutan terdaftar. Panitia Pengawas Pemilihan Menyimpulkan bahwa, temuan Panitia Pengawas Pemilihan Kota Payakumbuh tersebut merupakan Pelanggaran Administrasi oleh Komisi Pemilihan Kota Payakumbuh. Pelanggaran yang dikaji tersebut Nomor 02/TM/PILWAKO/X/2016.

Khadafi, Komisioner KPU Divisi Tekhnis ketika dihubungi, mengatakan bahwa pihaknya belum menerima/mendapatkan hasil rekomendasi (Status Laporan) Panwaslih terhadap temuan Pilkada. “ Belum, kami belum menerima Rekomendasi Panwaslih tersebut. “ sebutnya. (Esha Tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here