Terima Harmoni Award, Pemko Apresiasi FKUB

0
38

Bukittinggi.Dekadepos.com

Wakil Walikota Bukittijggi H.Irwandi memberikan apresiiai kepada jajar an Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bukittinggi mendapat peng hargaan Harmony Award 2017 dari Kementerian Agama RI.Dan FKUI Kota Bukittinggi merupakan yang tergiat di Sumatera Barat.

Penghargaan dari Kementerian Agama itu telah diserahkan langsung oleh Menteri Agama, H.Lukam Hakim Saefudin kepada Ketua FKUB Kota Bukit tinggi H.Salman pada acara Gerakan Cinta Kerukunan, Minggu (2/4) di Padang.

“Alhamdulillah FKUB Bukittinggi dinilai sebagai FKUB yang paling giat da ri seluruh wadah sama yang ada di Sumbar,” ungkap Salman ketika melaporkan keberhasilan itu ke Wakil Walikota H. Irwandi di Balaikota, Rabu (5/4).

Menurut H.Salman,FKUB Kota Bukittinggi sangat aktif melaksanakan ber bagai kegiatan dengan orientasi mendukung terwujudnya kerukunan antar aga ma serta antar umat beragama di wilayah Kota Bukittinggi. Wadah itu secara rutin melaksanakan pertemuan tiap bulan mendiskusikan berbagai permasalah an yang bisa saja memicu terjadinya ancaman perpecahan antar umat, karena masyarakat Bukittinggi sangat heterogen dan multi etnis.ujarnya.

Wakil Walikota Bukittinggi H.Irwandi pada kesempatan itu mengapresia si eksistensi FKUB dalam merajut jalinan kerukunan dan kebersamaan umat beragama di Kota Bukittinggi yang sudah terwujud selama ini. Keberadaan wa dah itu sangat dirasakan dalam mengantisipasi ancaman perpecahan yang bisa saja terjadi, apalagi kehidupan kemasarakatan di kota wisata yang cukup bera gam. Meski di satu sisi diakui, Islam merupakan mayoritas di Kota Bukittinggi, namun masarakatnya bersama Pemerintah Daerah tidak menjadikan hal utama perbedaan, melainkan bagaimana mencari kesamaan dalam perbedaan itu.kata Irwandi.

Sebagai kota dengan latar belakang masarakat plural, konflik horizontal sangat rentan terjadi di Bukittinggi. “Tapi Alhamdulillah selama ini hal itu dapat diantisipasi secara baik, kita bersama tokoh masarakat dan pemuka agama da pat mencermati sekaligus mengantisipasi kemungkinan terjadinya ancaman perpecahan dan konflik itu,” tegas wakil Walikota H.Irwandi yang didampingi Kepala Kantor Kesbangpol, Joni Feri ( Aldo )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here