Terjadi Di Kabupaten Solok, 28 Siswa SD Keracunan Makanan

0
59

SOLOK, Dekadepos.com

Diduga karena keracunan makanan jenis bakso tahu bakar alias pentol, sebanyak 28 orang siswa SD Negeri 03 Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok terpaksa dilarikan ke Puskesmas Jua Gaek, Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Senin (13/2).

Peristiwa kerancunan massal tersebut, diduga disebabkan oleh jajanan yang dibeli di halaman sekolah kepada seorang pedagang pentol yang biasa nongrong di depan sekolah, kawasan Pasar Baru, Nagari Cupak. Menurut Kepsek SD Negeri 03 Cupak, Noperleni, peristiwa kerancunan diketahui usai jam istirahat sekitar jam 10.30 WIB. “Siswa keracunan diduga akibab membeli makanan pentol yang biasa dijual oleh pedagang di depan sekolah,” jelas Noperleni.

Peristiwa kerancunan itu, sempat membuat panik para guru, kepsek dan masyarakat sekitar. Bahkan Bupati Solok, H. Gusmal, usai mendapat laporan ada siswa yang mengalami keracunan, langsung menuju Puskesmas Jua Gaek, dimana 28 orang siswa SD itu mendapat perawatan. Siwa SD yang masih mengunakan seragam putih merah itu, tampak lemas dan muntah-muntah dan sudah ditemani oleh orang tua masing-masing, usai mendapat laporan anaknya mengalami keracunan. Bahkan jeritan histeris tampak terdengar dari para orang tua, karena cemas anaknya akan terjadi apa-apa. “Kabarnya pedagang yang menjual bakso pentol itu sudah diamankan oleh anggota Polres Solok untuk diminta keterangannya,” jelas Walinagari Cupak, Dasril.

Bupati Solok, H. Gusmal selain menyampaikan ikut prihatin dengan peristiwa itu, berharap kedepannya agar siswa tidak jajan di sembarang tempat, sehingga kebersihannya bisa terjaga. “Peristiwa ini menjadi pelajaran bagi kita semua, terutama para guru dan orang tua, agar melarang anaknya untuk lebih teliti dalam membeli makanan,” jelas H. Gusmal. Bupati juga berharap agar pihak berwajib, bisa menyelidiki dari mana asal makanan yang keracunan tersebut (Uajang Jarbat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here