Tingkatkan Minat Baca Anak, Walikota Resmikan Gernas Baku

0
17

Payakumbuh, Dekadepos.com

Dalam rangka mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca pada anak, pemerintah Indonesia melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga (Dit. Bindikkel) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas), mencanangkan program Gerakan Nasional Orang tua Membacakan buku (Gernas Baku). Pemerintah kota Payakumbuh mendukung kesuksesan gerakan tersebut. Dukungan itu ditandai dengan pelepasan balon oleh Walikota Riza Falepi dan penandatangan Nota Kesepakatan antara Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) kota Payakumbuh di acara peringatan Hari Pendidikan nasional yang digelar di halaman Kantor Balaikota, Jln. Veteran, Rabu 2 Mei 2018.

Walikota berharap, dengan adanya gerakan tersebut dapat meningkatkan peran orang tua terhadap perkembangan minta baca anaknya terhadap buku. “Melalui Gernas Baku ini, saya berharap para orang tua dapat memaksimalkan perannya terhadap anak. Dengan meluangkan waktu membaca buku, tentu orang tua memiliki waktu yang lebih banyak bersama anak. Sehingga kedekatan emosional antara orang tua dan anak akan semakin kuat, ” harap Riza.

Walikota Riza Falepi mengapresiasi semua pihak dalam mendukung gerakan ini. “Terimakasih kepada semua unsur yang terlibat dalam mensukseskan gerakan Gernas Baku ini. Semoga, melalui penandatangan nota kesepakatan tersebut, kita semua dapat bersinergi dalam mendukung dan mewujudkannya agar teraplikasi dengan baik dalam kehidupan masyarakat Payakumbuh”, ungkap Wako Riza.

Sementara itu, Ketua HIMPAUDI dan Bunda PAUD kota Payakumbuh, Ny. Hj. Henny Yusnita menyampaikan bahwa kerjasama yang disepakati untuk mendukung gernas baku di Payakumbuh terdiri dari beberapa bentuk. “Ada beberapa bentuk kerjasama yang disepakati antara Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta HIMPAUDI yaitu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sesuai tugas dan fungsinya memberi kesempatan kepada orang tua untuk memanfaatkan bahan bacaan yang tersedia di perpustakaan daerah ataupun taman bacaan masyarakat (TBM)  yang ada di kelurahan”, papar Henny

Henny mengharapkan dinas terkait mendorong setiap orang tua siswa memotivasinya untuk meluangkan waktu untuk membaca buku buat anak. ” Selanjutnya dinas pendidikan mendorong guru PAUD untuk memotivasi orang tua agar menyediakan waktu membaca buku untuk anak. Kemudian HIMPAUDI pun mendorong dan memotivasi guru serta orang tua agar menyediakan waktu membacakan buku untuk anak, ” pungkas Henny. (Est)