Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Daerah, Inspektorat Kota Payakumbuh Gelar Bimtek SPIP

0
34
Pengalungan tanda pengenal oleh Iqbal Bermawi, tanda diklat kepala sekolah dimulai

Payakumbuh, Dekadepos.com 

Dalam rangka meningkatkan pengelolaan keuangan daerah dan memberikan pemahaman kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), pemerintah kota Payakumbuh yang dimotori oleh Inspektorat menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Aula Lantai III Kantor Balaikota Bukik Sibaluik, Senin (21/8). Kegiatan yang dibuka oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili Plh Sekretaris Daerah, Amriul Dt. Karayiang ini diikuti oleh 31 orang peserta dari kepala sub bagian (kasubag)  program dan keuangan di masing-masing OPD.  Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala badan pengawasan keuangan dan pembangunan (BPKP)  perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Danny Amanda, seluruh pimpinan OPD, Staff Ahli, hadirin dan undangan lainnya.

Sekretaris Daerah dalam sambutan walikota mengungkapkan bahwa nilai maturitas Payakumbuh masih berada pada tingkat berkembang. ” Berdasarkan hasil penilaian tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP pada pemerintah kota Payakumbuh Tahun 2017 yang dilakukan oleh BPKP perwakilan Provinsi Sumatera Barat, nilai maturitas yang diperoleh masih berada pada tingkat berkembang dengan total nilai 2,678. Tentu saja masih terdapat beberapa kelemahan yang harus kita penuhi untuk dapat mencapai level 3,” ungkap Amriul membacakan sambutan Walikota.

Amriul menambahkan, “Meskipun target nasional pencapaian maturitas penyelenggaraan SPIP berada pada level 3 adalah pada tahun 2019, namun saya berharap untuk kota Payakumbuh dapat kita capai pada tahun 2017 ini juga. Untuk itu saya mengharapkan sekali kerja keras dari semua kepala perangkat daerah untuk dapat mewujudkannya, ” harap Walikota.

Walikota juga mengucapkan terimakasih kepada inspektorat yang telah menyelenggarakan kegiatan bimtek tersebut. “Terimakasih kepada inspektur kota Payakumbuh beserta seluruh panitia di Inspektorat yang telah mengupayakan terlaksananya kegiatan ini. Saya juga mengharapkan bantuan dan kerjasama dari kepala BPKP perwakilan provinsi Sumatera Barat beserta jajarannya untuk dapat membantu kami dalam pencapaian maturitas SPIP menuju level 3 pada tahun 2017 ini. Tidak lupa kepada peserta agar dapat mengikuti rangkaian bimtek ini, sehingga dapat menyerap materinya dengan baik dan dapat menerapkan di OPD masing-masing. Kita semua berharap apa yang kita cita-citakan bersama bisa terwujud di tahun ini, “ujar Walikota dalam sambutan yang dibacakan Plh Sekda tersebut.

Kegiatan bimtek ini akan berlangsung hingga 3 hari ke depan dari tanggal 21 sampai 23 Agustus 2017. “Kegiatan bimtek SPIP ini akan digelar selama 3 hari ke depan.  Mulai pada hari ini, senin 21 Agustus 2017 di Aula Lantai III Balaikota Bukik Sibaluik. Sedangkan untuk tanggal 22 dan 23 Agustus 2017, kegiatan bimtek dilaksanakan di Aula Inspektorat Kota Payakumbuh, ” kata Inspektur H. Syahrial selaku kepala Inspektorat kota Payakumbuh.

Materi bimtek yang akan diberikan kepada peserta terdiri dari gambaran umum SPIP, penilaian resiko dan Rencana Tindak Pengendalian (RTP)  dengan narasumber berasal dari pejabat fungsional BPKP perwakilan provinsi Sumatera Barat. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here