Tingkatkan SDM Personil, Puluhan Personil Penegak Perda Dibina.

0
107

Payakumbuh, Dekadepos.com

Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan Personil Satpol-PP Payakumbuh dalam pelaksanaan tugas menegakkan Peraturan Daerah (Perda) serta menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, puluhan personil yang kini dikepalai Devitra, mengikuti Pembinaan dengan sejumlah materi. Kegiatan yang digelar selama dua (30-31) hari itu, dilaksanakan di Aula Balaikota Payakumbuh.

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Yoherman saat pembukaan kegiatan mengatakan bahwa, Satpol-PP sebagai lini terdepan dalam penegakan Perda, harus paham dengan Perda itu sendiri, paham proses hukum dan tak kalah penting adalah paham SOP dalam melaksanakan tugas. “ Saat ini, tuntutan masyarakat sangat tinggi terhadap profesionalitas petugas dalam memberikan pelayanan. Untuk itu, Setiap Personil Satpol-PP harus paham dengan aturan yang akan ia tegakkan itu”. Ucapnya.

1

Dalam kegiatan tersebut, juga dihadiri Kasatpol-PP dan Damkar, Devitra, Kasi Intel Kejaksaan, Ade Azhari, Polres Payakumbuh, Pengadilan Negeri serta Kabag Hukum Pemko Payakumbuh yang diwakili Bode Arman, SH.

Dalam kegiatan itu, Ade Azhari menyampaikan Materi terkait Peranan Kejaksaan dalam proses hukum penegakan peraturan Daerah serta pemahaman tentang Perda Ketertiban Umum (Tibum) dan Perda Penyakit Masyarakat (Pekat). Sementara, dari Polres Payakumbuh dari bagian Satreskrim, menyampaikan materi terkait proses penyidikan pelanggaran Perda. Dan dari Pengadilan Negeri dengan materi proses sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring).

3

Kasatpol-PP dan Damkar, Devitra terkait pembinaan yang diberikan terhadap personilnya, berharap bahwa kedepan Personil Penegak Perda harus menjadi contoh sebelum menegakkan Peraturan Daerah. “ Kita tentu berharap kedepannya, setiap Personil Satpol-PP dan Damkar semakin profesional dan dicintai serta harus jadi contoh. Mudah-mudahan dengan pembekalan yang digelar, semakin memberikan pemahaman kepada setiap personil terkait tugas dan fungsinya”. Ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Anggota DPRD Payakumbuh, Basri Latief, menurut anggota Komisi C DPRD ini, tugas Penegak Perda (Satpol-PP.Red) kedepan tentu semakin berat. “ Kita berharap setiap personil Satpol-PP Payakumbuh bisa paham tugas dan fungsinya dalam bekerja. Dan yang terpenting, harus Humanis”. Sebut Politisi Hanura itu. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here