Tradisi Unik Potang Balimau Pangkalan Agar Dilestarikan

0
26

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com –

Tradisi Potang Balimau tahun 2017 yang digelar anak nagari Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Jum’at (25/5) guna menyambut bulan suci Ramahdan 1438 Hijriah berlangsung meriah dan sukses.

Hadir dalam acara potang balimau yang dihadiri para perantau anak nagari Pangkalan dari seluruh penjuru tanah air ini, Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan.

Sebelum Wakil Bupati Ferizal Ridwan menyampaikan pidatonya didahului dengan kata sambutan oleh Walinagari Pangkalan, Iswanto yang mengatakan bahwa, potang balimau yang digelar tahun 2017 ini selain ajang silaturhami, juga digelar berbagai kegiatan anak nagari seperti oahraga dan kesenian.

“ Potang Balimau ini adalah tradisi anak nagari Pangkalan yang bernuansa religi, guna memupuk rasa silaturahmi antara anak nagari, baik yang berada di kampung halaman maupun yang ada di perantauan,” ujar Iswanto.

Diakui Iswanto, untuk mensukseskan alek tradisi anak nagari ini sedikitnya ratusan orang  perantau dari berbagai daerah di nusantara pulang basamo.
Menurut Iswanto melalui kegiatan potang balaimau ini juga akan dilakukan tablig akbar di Masjid Raya Pangkalan. Tak kalah menariknya juga menampilkan lomba sampan hias (bimbau).

Ketua Umum Potang Balimau, Syahrial, mengatakan tradisi potang balimau yang digelar anak nagarai Pangkalan ini, sudah ada sejak zaman nenek moyang mereka. “Diharapkan tradisi unik potang balimau ini akan terus terjaga dan dilestarikan,” sebut Syahrial.

Sementara itu Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, atas nama pemerintah mendukung digelarnyta tradisi potang balimau yang digelar anak nagari Pangkalan.

“Kita ingin tradisi potang balimau ini tetap dilestrasikan, karena selain memiliki nilai-nilai budaya dan tradisi juga berdampak untuk menjalin hubungan silatuhyami,” ujar Ferizal Ridwan.

Dikatakan Wabup Ferizal Ridwan, melalui potang balimau ini mari kita jaga tradisi, tegakkan syara’k untuk mambangkik batang tarandam,” ujar Ferizal Ridwan.

Dipenghujung pidatonya, Wabup Ferizal Ridwan mengingatkan agar kegiatan tradisi potang balimau ini jangan menimbulkan dampak negatif  bagi generasi muda.  (esha tegar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here