Turun Ke Jalan, Mahasiswa Unand Gelar Aksi dan Orasi di Tugu Adipura

0
194

Payakumbuh, Dekadepos.com

Puluhan Mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Kampus II Payakumbuh menggelar Aksi Sosial berupa Kampanye Aksi Bersih, kegiatan tersebut digelar Minggu pagi 6 Mei 2018 sekitar pukul 10.00 Wib. Selain itu, mereka juga menggelar Orasi di dua Persimpangan Jalan di Payakumbuh.

Dalam aksi tersebut, selain memungut/membersihkan jalan yang mereka lalui dari sampah dan kotoran, mereka juga mengajaka masyarakat untuk ikut aktif menjaga lingkungan dan kebersihan, sebab Kota Payakumbuh beberapa kali mendapatkan penghargaan dibidang kebersihan. Menurut peserta aksi, kegiatan itu mereka lakukan untuk terus memberikan penyadaran kepada warga Payakumbuh untuk mencintai dan sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan.

Ilham Fajri, Mahasiwa Unand Kampus II, Peserta Kampanye Aksi Bersih.

“ Dalam Aksi yang diikuti mahasiswa Unand Kampus II Payakumbuh ini, kita melakukan aksi bersih lingkungan/sepanjang jalan yang tadi kita lalui, dengan cara membersihkan/memungut sampah dan kotoran. Mudah-mudahan aksi yang kita lakukan dapat terus memberikan contoh dan penyadaran kepada warga Payakumbuh betapa pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan.”. sebut Ilham Fajri, salah seorang peserta aksi, Minggu 6 Mei di Tugu Adipura Pusat Kota Payakumbuh.

Mahasiswa Unand Jurusan Ekonomi itu juga menambahkan, untuk Orasi, selain dilakukan dipusat Kota Payakumbuh, juga sebelumnya dilakukan di Tugu Labuah Basilang.

Sejumlah warga Payakumbuh semula mengira aksi tersebut adalah aksi Demo Mahasiwa, namun belakangan diketahui hal tersebut merupakan Aksi Sosial. “ Sebelumnya saya menduga mahasiswa melakukan aksi demo, apalagi Pemilu semakin dekat, eh tak tahunya mereka melakukan Kampanye Aksi Bersih. Ini tentu patut kita apresiasi dan contoh, sebab mereka juga melakukan aksi langsung dengan memungut sampah disepanjang jalan yang dilalui.”. ujar Dadang.

Kampanye Aksi Bersih yang dilakukan mahasiswa yang menamakan diri Mahasiswa Lintas Andalas itu juga mendapat pengawalan dari sejumlah personil Kepolisian. Usia melakukan Orasi di Tugu Adipura, puluhan Mahasiswa tersebut membubarkan diri. (Est)