Uang Mengaji Gratis Di Kota Padang Panjang

0
169

Padang Panjang, Dekadepos.com

Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang menggratiskan uang mengaji bagi anak-anak yang menimba ilmu agama di TPQ/TPSQ. Sehingga nantinya tidak ada lagi pengurus atau guru TPQ/TPSQ yang menyuruh anak didiknya pulang karena tidak sanggup membayar iuran mengaji. Hal tersebut diungkapkan Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis melalui Sekretaris Daerah, Indra Gusnady, dalam acara Pembinaan Guru TPQ/TPSQ Imam dan Garin Masjid/ Mushalla se-Kota Padang Panjang di Hall Balai Kota Lantai III, Selasa (16/1).

Indra Gusnady menjelaskan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) merupakan wadah pendidikan dan pembinaan generasi muda yang dimulai semenjak dini. Dari sinilah akan lahir generasi muda yang beriman, bertaqwa serta berkpribadian yang baik. “Sejak dini inilah kita tanamkan nilai dan kandungan ajaran islam melalui proses pembelajaran baca, tulis serta memahami isi Al Qur’an  dan mengamalkannya dalam kehidupan”, ungkap Indra Gusnady.

Kegiatan yang bertujuan untuk melakukan pembinaan dan pengayaan bagi guru – guru TPQ/TPSQ agar memiliki persiapan yang baik untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Sebanyak 54 TPQ yang ada di Kota Padang Panjang diberikan perhatian khusus seperti sarana belajar, administrasi pembelajaran serta penambahan besaran dana peningkatan kesejahteraan guru  demi tercipta peningkatkan kualitas proses pembelajaran di TPQ/ TPSQ di Kota Padang Panjang, tambah Indra Gusnady.

“Tidak boleh lagi ada pungutan iuran mengaji yang diminta kepada anak didik untuk membayar honor guru ngaji. Sementara untuk memenuhi kebutuhan TPQ/TPSQ selain untuk honor guru ngaji masih boleh dilakukan pungutan ” jelas Indra Gusnady.

Acara tersebut turut dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Drs. Emir Emil Elmaulid, Kabag Kesra Drs. Eri, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Padang Panjang yang diwakili Kasi Pendidikan Pondok Pesantren Endang Sriyani, S.Ag, dan Seluruh Guru TPQ/TPSQ, Imam dan Garin se-Kota Padang Panjang. (Est)