Ungkap Peredaran UPAL, DPRD 50 Kota Apresiasi Polisi

0
146

Lima Puluh Kota, Dekadepos.com

Berhasilnya jajaran Kepolisian di Polres Lima Puluh Kota dan Polsek Guguak dalam membekuk dan mengamankan ratusan lembar Uang Palsu (Upal) sisa yang masih belum sempat diedarkan oleh seorang Tersangka perempuan bernama Zubaidah (47) Asal Kota Bukiittingi, diapresasi oleh DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, sebab langkah cepat pihak kepolisian yang dibantu masyarakat itu telah berhasil menggagalkan keseluruhan Upal yang dibawa tersangka itu. Sebab jika uang palsu yang sempat dibawa tersangka itu berhasil diedarkan keseluruhannya ke tengah-tengah masyarakat, khususnya para pedagang kecil, tentu akan mengakibatkan kerugian kepada mereka.

Apalagi tersangka mengedarkan uang palsu tersebut sampai jauh ke Nagari dan Jorong, yang dikahwatikan karena aktivitas jual beli masyarakat yang ramai, sehingga pedagang tidak terlalu memperhatikan/mengamati uang yang diserahkan oleh pembeli. “ Kita tentu apresiasi dengan langkah cepat pihak kepolisian yang menghentikan langkah tersangka dalam mengedarkan uang palsu ditengah-tengah masyarakat. Semoga kedepan hal ini tidak terjadi lagi, dan masyarakat, khsususnya pedagang lebih hati-hati lagi dalam menerima uang dari pembeli”. Sebut Sastri Andiko, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, Rabu sore (5/7).

Politisi Demokrat itu juga menambahkan, beruntung uang palsu yang dibawa oleh Zubaidah tidak diedarkan saat Bulan Ramadhan, sebab dikhawatikran jika uag tersebut diedarkan jelang Ramadahan ataupun selama Ramadahan, bisa dipastikan akan cepat ia edarkan.

Sebelumnya diberitakan, Jajaran Polsek Guguak berhasil membekuk seorang Wanita asal Kota Wisata Bukitinggi karena diduga sebagai pengedar Uang Palsu (Upal) diwilayah Hukum Polres Lima Puluh Kota. Tertangkapnya Wanita bernama Zubaidah (47) tersebut setelah pihak kepolisian mendapatkan laporan adanya dugaan orang mengedarkan uang palsu dengan cara, berbelanja disejumlah warung yang ada di wilayah Mungka (Masuk Wilayah Hukum Polsek. Guguak.red). dari aksi jahatnya itu, Zubaidah berhasil mengumpulkan uang asli hingga jutaan rupiah.

“ Hingga kini, jajaran masih terus melakukan penyelidikan dan pengembangan terhadap kasus tersebut. Dari pengakuan sementara tersangka, ia menyebutkan mendapatkan uang palsu itu dari daerah lampung.”. Sebut Kapolres Lima Puluh Kota, AKBP. Haris Hadis, Rabu (5/7).

Perwira asal Pesisir Selatan juga menyebutkan bahwa hingga kini, jajarannya terus bekerja dalam mengungkap kasus peredaran uang palsu tersebut. Sebelumnya, Polisi berhasil membekuk tersangka Zubaidah pada Selasa (4/6) sekitar pukul 15.00 Wib, di Kawasan Mungka. Dalam menjalankan aksinya, tersangka berbelanja dengan uang palsu pecahan 100 ribu dan 50 ribu, hal itu diduga ia lakukan diejumlah kedai milik warga. Selain mengamankan tersangka, Dari penangkapan itu, Polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti uang asli dan uang palsu. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here