Untuk Percepat Pilar Kesehatan: Bupati Gusmal Gelar Pertemuan dengan Dinas Kesehatan

0
141
SOLOK, Dekadepos.com
Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, hari Rabu (25/10), menggelar pertemuan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan, dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok. Acara di gelar di ruang Pelangi, dengan dihadiri oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Solok, dr. Sri Efianti, Sekretaris Kesehatan, Zulhendri dan seluruh peserta undangan yang hadir.
Ketua panitia pelaksana acara, Zulhendri dalam laporannya menyebutkan bahwa acara ini digelar dalam rangka percepatan dan mensinergikan serta mewujudkan misi pemerintah Kabupaten Solok khusunya di bidang kesehatan yang masuk salah satu pilar utama dari Empat Pilar pembangunan yang diusung Bupati dan Wakil Bupati Solok. Disebutkannya, Pemerintah daerah telah menetapkan pesan kesehatan yaitu “pesan sehat arosuka” dan menetapkan ikon kesehatan yaitu “nagari peduli sehat, kabupaten solok kuat”. Pesan dan ikon kesehatan ini menurut Zulhendri, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian nagari dalam membangun kesehatan di Kabupaten Solok “Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman bagi peserta tentang peran masyarakat di bidang kesehatan seperti keterlibaran lintas sektor dalam perencanaan program kesehatan yang ada di masyarakat,” jleas Zulhendri. Sementara peserta sosialisasi berjumlah 222 orang yang terdiri dari Walinagari, Ketua BMN, dan Bidan Desa
Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka percepatan dan mensinergikan upaya promotof dan preventif pola hidup sehat dari instruksi presiden RI, Pemerintah Kabupaten Solok telah melakukan upaya salah satunya menetepkan pesan kesehatan yaitu “pesan sehat arosuka” dan ikon kesehatan “ nagari peduli sehat, kabupaten Solok kuat”. Menurut Gusmal, pembangunan kesehatan tidak mungkin berhasil tanpa dukungan, peran serta dan komitmen seluruh pemangku kepentingan dan lapisan masyarakat. “Keterlibatan pemerintahan nagari dan desa telah diamanatkan Negara sebagai pemerintahan terdepan dalam membangun masyarakat termasuk memabangun kesehatan di Kabupaten Solok,” jelas H. Gusmal.
Bupati berharap, dengan terselengaranya pertemuan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan ini, diharapkan semua pihak dapat berperan serta dalam menggerakan pembangunan kesehatan di nagari yang ada di kabupaten solok sesuai dengan kapasitas masing-masing. “Saya berharap dukungan walinagari dan BMN di nagari untuk mewujudkan masyarakat sehat,” jelas H. Gusmal.(Jarbat)