Urus Administrasi Kependudukan di Disdukcapil Payakumbuh 10 Menit Selesai

0
283

PAYAKUMBUH, dekadepos.com –
Memberikan pelayanan kependudukan yang baik dan meningkatkan kepuasan masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh meluncurkan Program “SEMEDI” yang akan melayani segala urusan masyarakat dalam sepuluh menit atau satu hari selesai.

Terobosan ini mengingat banyaknya keperluan masyarakat yang tertunda jika pengurusan kelengkapan kependudukan berlangsung lambat. Seperti halnya kepengurusan KTP, Akta kelahiran, Kartu Keluarga dan Surat Pindah yang sewaktu-waktu sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Jika seluruh persyaratannya lengkap, saya pastikan untuk pengurusan administrasi kependudukan di Kantor Dukcapil ini selesai dalam 10 menit,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh, Yunida Fatwa, S.Sos. M.Si di ruang kerjanya.

Dijelaskannya dalam mensukseskan program SEMEDI ini, petugas Disdukcapil dipastikan akan selalu stand by di meja operator sepanjang jam kerja berlangsung. Termasuk koneksi internet yang dijamin lancar karena proses pelayanan SEMEDI sudah melalui online.

“Operator kami selalu stand by dimeja untuk melayani masyarakat yang mengajukan permohonan. Segala urusan baik syarat dan jalur pengurusan juga sudah ditempelkan di Mading kantor. Jadi masyarakat tidak perlu bingung lagi. Karena pelayanan kami sudah online dan cepat untuk melayani dengan kilat,” tuturnya.
IMG-20170313-WA0002

Setelah SEMEDI ini berjalan dua bulan, antusias masyarakat semakin tinggi dan proses penyelesaian administrasi juga meningkat sekitar 80 persen. Angka ini sungguh fantastis mengingat pelayanan Administrasi kependudukan tidak seperti ini karena untuk mengurus KTP, KK, Surat Pindah dan lainnya selesai dalam tiga hari. Bahkan unmtuk akte kelahiran bisa sampai 14 hari.

Sebagai pendukung, Disdukcapil telah melakukan sosialisasi dan bekerja sama dengan seluruh pihak kelurahan agar mampu membantu segala urusan adminstrasi kependudukan yang diminta oleh masyarakat. Bahkan di setiap kelurahan, juga dibekali alat computer, jaringan internet dan aplikasi untuk memparalelkan jaringan dan data. Namun, server induk tetap berada di Kantor Disdukcapil

“Alat dan fasilitas sudah kami sediakan di kelurahan. Baik itu computer, jaringan internet maupun aplikasi untuk memparalelkan Komputer di setiap kelurahan dengan Komputer di Disdukcapil,” katanya.

Ini juga untuk mempermudah pihak kelurahan untuk menginput data sekaligus sebagai bank data penduduk di wilayahnya. Dengan demikian, masyarakat yang akan memasukkan permohonan ke Disdukcapil, akan dipermudah mengurus segala persyarakatnnya baik di Kelurahan maupun di kecamatan.

Harapannya dengan program ini, pengurusan administrasi kependudukan akan menjadi lebih baik di Payakumbuh sehingga masyarakat tidak terhalangi waktunya untuk menjalankan aktifitas selanjutnya.
E-KTP BERLAKU SEUMUR HIDUP
Sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 470/296/SJ Tanggal 29 Januari 2016 perihal KTP-Elektronik (e-KTP) sudah berlaku seumur hidup. Walaupun di dalam e-KTP ada tertera tanggal kadaluarsa, hal ini tidak mempengaruhi masa berlaku.

“Jadi, bagi masyarakat yang masa berlaku e-KTP-nya habis, tidak perlu mengurus perpanjangan masa berlakunya lagi karena e-KTP masih tetap bisa digunakan,” kata Yunida Fatwa.

Yunida menyarankan agar masyarakat tidak memberikan uang kepada staf Dukcapil maupun calo untuk membuat atau memperpanjang e-KTP dan administrasi kependudukan lainnya. Pasalnya, pengurusan administrasi kependudukan seluruhnya gratis dan sudah tertuang dalam UU seperti UU 24/2013 pasal 64 ayat 7a yang mengamanatkan e-KTP.

“Saya merasa perlu untulk menyampaikan ini kembali karena masih ada masyarakat yang belum tahu bahwa e-KTP ini berlaku seumur hidup,” katanya. (esa tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here