USAI TERBAKAR, RUMAH NURANI DIBANGUN SECARA SWADAYA

0
174

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com

Sengsara membawa nikmat. Ungkapan itu, agaknya, patut dialamatkan kepada Nurani (60) warga Jorong Taratak, Kenagarian Tanjuang Gadang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota.

Betepa tidak, ibu empat anak dan nenek sejumlah cucu yang menjadi korban kebakaran rumah pada pagi Jumat (24/2) lalu itu, justru segera mendapatkan rumah pengganti yang lebih baik. Kalau sebelumnya kediamannya hanya berupa rumah kayu yang sudah berusia tua, dalam waktu dekat wanita itu bakal menghuni rumah baru semi permanen.

Sebagian bahan bangunannya dibiayai oleh pemerintah nagari dan bantuan donator, sedangkan pengerjaannya dilakukan secara bergotong royong oleh masyarakat.

“Untuk pembelian bahan bangunan, dibiayai dengan dana nagari dan sumbangan donator. Sementara untuk pengerjaan dilakukan secara gotong royong secara bergiliran oleh warga sekitar,” ungkap Walinagari Tanjung Gadang, Rilson  Dt.Manggung kepada Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi yang didampingi Camat Lareh Sago Halaban Drs. Elfizen ketika menyerahkan bantuan peralatan rumah tangga dan dapur kepada Nurani di Taratak, Minggu lalu (26/2).

Irfendi Arbi mengapresiasi upaya pemerintah nagari dan masyarakat yang membangun kembali rumah korban kebakaran itu, Menurutnya, ini sangat patut dicontoh nagari lain.

“Ini sangat patut ditiru nagari lain. Karena kepedulian serta kebersamaan masyarakat dan pemerintah nagarinya, Nurani kembali memiliki tempat tinggal. Kita sangat berterimaksih kepada masyarakat dan pemerintah Nagari Labuah Gunuang,” ujar Irfendi Arbi sembari menyerahkan bantuan kepada Nurani.

Irfendi Arbi berharap, Nurani bersabar dan bisa berbesar hati, karena berkat kepedulian masyarakat dan pemerintah nagari, wanita tua itu bakal segera memiliki rumah lagi. Bahkan rumah barunya diperkirakan lebih bagus dari yang lama.

Saat ini pembangunan rumah baru tersebut sudah terealisasi berupa tonggak-tonggak dan dinding dari batu bata setinggi lebih kurang satu meter. Ia juga berharap bantuan peralatan dari Pemkab Limapuluh Kota yang diserahkan hari itu dapat mengurangi beban korban.

“Saya turut berduka atas musibah yang menimpa ibu Nurani. Kita berharap bantuan peralatan rumah tangga yang tidak seberapa ini, bisa mengurangi beban korban,” ujar Irfendi Arbi.

Dikatakan, bantuan peralatan rumah tangga dan dapur itu merupakan kepedulian Pemkab Limapuluh Kota terhadap warga yang tertimpa musibah.

Nurani yang mendapatkan bantuan, terlihat sangat gembira dan berulang kali mengucapkan terimakasihnya.

“Tarimokasi banyak pak. Dek ambo, bantuan peralatan rumah tangga ko akan sangat bermanfaat bagi ambo,” ujar Nurani.

Menurut wanita tua itu, peristiwa kebakaran yang terjadi ketika rumah ditinggal kosong ketika ia berada di sawah. Ketika pulang, ia mendapati rumahnya sudah ludes dimamah api. Tidak diperoleh berapa kerugian korban, namun yang pasti tidak ada satupun barang yang tersimpan di dalam rumahnya yang berhasil diselamatkan. (esa tegar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here