Wabup Ferizal Ridwan : Lomba Bercerita Rangsang Kreatifitas Anak Untuk Berinovasi

0
45

LIMAPULUH KOTA,dekadepos.com –

Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota yang ke 177, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Limapuluh kota, mengadakan lomba bercerita tingkat SD/MI se Kabupaten Limapuluh Kota, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, dengan mengusung tema ” Kita Tingkatkan Kualitas Kehidupan Beragama Beradat dan Berbudaya”.

Kegiatan lomba ini dihadiri oleh pemerhati Budaya dan Pendidikan, Joko Koentono dan Catherin Moya, Asisten Pemerintahan Drs. Dedi Permana, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Radimas, Dewan Juri dan para Guru Pendamping. Yang digelar di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Selasa, (17/4).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Ferizal Ridwan berharap, dengan  diadakannya Lomaba bercerita ini dapat merangsang anak didik agar gemar membaca, setelah itu menghayatinya dan kemudian bisa untuk menceritakannya.

“Kemampuan bercerita merupakan pengetahuan tingkat ketiga dalam pendidikan, karena sebelum anak didik bisa bercerita, terlebih dahulu mereka harus bisa membaca, kemudian memahami, dan baru menceritakan.” Terang Ferizal.

Disamping itu, Ferizal Ridwan juga mengatakan bahwa Lomba Bercerita ini merupakan suatu proses pendidikan yang bisa memberikan evek positif bagi anak didik.

“Tujuan dasar pendidikan hari ini salah satunya ialah membentuk anak didik yang kritis dan mampu mengkritik, dengan adanya kebebasan berfikir itulah akan melahirkan generasi yang penuh dengan ide dan inovasi.” Terangnya.

Ferizal juga menambahkan, dalam merangsang minat  siswa untuk gemar membaca, bercerita, berkreasi dan berinovasi, sebaiknya anak didik bisa diperkenalkan langsung dengan tokoh ataupun tempat cerita itu berlangsung.

“Agar mereka bisa bercerita, berkreasi dan berinovasi, dan cinta akan budaya bangsa tak ada salahnya tahun depan Lomba Bercerita ini kita adakan di tempat terbuka, ataupun di tempat-tempat bersejarah, seperti di Lurah Kincia, Rumah Tan Malaka, atau di Makam H. Piobang dan sebagainya.”ujarnya.

Kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Radimas, dalam laporan panitia mengatakan, tujuan kegiatan ini ialah dalam rangka menarik minat budaya baca anak dan kecintaan akan budaya Bangsa.

“Dengan kegiatan ini, kita berharap akan dapat menumbuhkan kegemaran membaca serta kecintaan terhadap cerita rakyat dan budaya loka melalui lomba bercerita,” ucapnya

Radimas juga menambahkan, lomba cerita tingkat SD/MI ini diikuti oleh 26 orang siswa, yang masing-masing kecamataan mengutus masing- masing satu orang putra dan putri.

“Peserta lomba kita ambil dari kelas 4 dan 5, masing-masing dua orang perkecamatan. Kalau materi lomba, kita serahkan pada sekolah masing-masing menentukan materi cerita yang semenarik mungkin. Selanjutnya, pemenag dari lomba ini, berhak mewakili Kabupaten Limapuluh Kota untuk mengikuti Lomba Bercerita di tingkat propinsi.” Tutup Radimas. (est)