WAKO RAMLAN NURMATIAS DAPAT PUJIAN TIM PENILAI ADIPURA

0
86

Bukittinggi.Dekadepos.com.
Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias, SH bersama Ketua DPRD Beny Yusrial menghadiri undangan presentase program Adipura oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dilaksanakan di ruang Cendana Hotel The Sultan Semanggi Jakarta, Selasa (6/6}.
Presentasi Adipura tersebut juga diikuti oleh Bupati / Walikota yang menjadi nominator peraih anugerah Adipura tahun 2017. Kota Bukittinggi yang berada pada kelompok III mendapat urutan pertama untuk presentasi yang diikuti kemudian oleh kota Depok, Kota Magelang dan Kota Tanjung Balai.
Tim penilai Presentasi yang terdiri dari Dewan Pertimbangan Adipura (DPA) diketuai oleh Rahmat Witoelar dengan anggota Connie Rahakundini, Rumawan Salain dan Joko Heru. Para DPA memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada Walikota Ramlan dengan beberapa pertanyaan-pertanyaan kritis, mulai dari pengelolaan sampah dan bank sampah, penganggaran untuk penge lolaan sampah dan tingkat pencemaran, ruang terbuka hijau, pencemaran air dan udara, inovasi-inovasi yang dilakukan serta capaian, kebijakan dan progress dari tahun sebelumnya, walikota Ramlan memberikan jawaban yang komprehensif dengan data pendukung.


Connie Rahakundini yang merupakan salah seorang tim penilai menyatakan pujiannya kepada Walikota Ramlan Nurmatias dengan banyaknya inovasi yang dilakukan walikota serta dukungan penganggaran yang cukup signifikan oleh DPRD mencapai 21,9 persen dari APBD.

“Saya sangat memuji dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh waliko ta Bukittinggi untuk pengurangan sampah plastik dengan pengadaan keranjang belanja tersebut dan sangat menghargai DPRD yang bisa menganggarkan 21,9 persen dari APBD,” ujarnya.

Usai presentasi dan tanya jawab Walikota Ramlan Nurmatias terlihat sangat senang, karena dimasa kepemimpinannya telah berhasil kembali membawa Kota wisata Bukittinggi sebagai nominator untuk meraih piala Adipura tahun 2017, karena dari tahun ketahun kriterianya semakin ketat, apalagi saat ini harus melaui metode presentasi dan wawancara yang wajib dilakukan oleh kepala daerah langsung tanpa diwakilkan.


“kita berterima kasih atas partisipasi seluruh warga kota Bukittinggi da lam memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan hingga kota Bukittinggi kembali menjadi nominator dan bersaing dengan kota – kota lain untuk meraih Adipura di tahun 2017 ini. Adipura bukanlah tujuan akhir tetapi hanyalah sebu ah tujuan antara. Yang penting kota kita tetap bersih dan sehat sehingga aktifi tas masyarakat dapat berjalan dengan baik,” ujar walikota Ramlan Nurmatias.
Sementara itu Ketua DPRD Bukittinggi Beny Yusrial yang juga hadir diberikan kesempatan oleh tim untuk menjawab pertanyaan dukungan wakil rakyat terhadap program-program pemerintah.“Kami dari DPRD sangat mendukung setiap program-program pemerintah, termasuk dalam pembuatan Perda sam pah dan begitupun dengan pengelolaan lingkungan hidup,dan kita juga sangat mengapresiasi pemerintah kota Bukittinggi yang telah terbukti dengan peroleh an piala Adipura Kirana tahun 2016 yang lalu,” ungkap Beny dihadapan tim penilai
Dikatakan,sebagai kota wisata ,Bukittinggi harus selalu terlihat bersih dan Pemerintah kota terus melakukan peningkatan kegiatan kebersihan kota melalui berbagai program kebersihannya.Apapun program Pemko Bukittiggi dalam ranga peningkatan kebersihan ,DPRD selalu mendorong dan mendukung nya,tidak saja mendukung secara himbauan,namun juga turut mendukung dari segi pengangarannya.”Untuk tahun 2017 saja,kita telah anggarkan 21,9 porsen dari APBD tahun 2017 untuk peningkatan Kebersihan kota Bukittinggi”,ungkap Beny Yusrial.

Bahkan pada presentasi itu,Ketua DPRD menegaskan, “Adipura bukanlah tujuan akhir dari kami,tetapi bagaimana merubah perilaku dan budaya masara kat untuk menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan dan kota Bukiting gi merupakan target dan harapan kami dari DPRD bersama pemko Bukittinggi kedepannya”,tegas Beny Yusrial.

Pada akhir prestasi yang disampaikan Beny Yusrial selaku Ketua DPRD Bukittinggi,dia berharap Bukittinggi dapat kembali meraih piala Adipura tahun 2017,karena piala Adipura itu merupakan pengakuan negara terhadap prestasi kota dibidang kebersihan.”Kita berharap kota Bukittinggi kembali meraih Adipu ra tahun 2017 ini”,harap Beny Yusrial dihadapan dewan pertimbangan adipura ,Rahmat witoelar ( koordinator ), Connie Rahakundini, Rumawan salain, Joko Heru .
Presentasi yang berlangsung menarik tersebut berlangsung selama 60 menit, turut mendampingi Walikota dan Ketua DPRD, Sekretaris Daerah H. Yu en Karnova, Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi,Ny.Yessi Ramlan Nurmatias,Asisten I,Noverdi,Kepala Dinas Lingkungan Hidup H.Supadria,Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga,Erwin Umar,Kabag Humas Yulman,Kabag Umum dan perlengkap an,Ery Anof, Ketua Fortasi, Ketua Kotaku dan Dinas teknis lainnya . (Edis )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here