Walikota : Layanan Perizinan Harus “Dipercantik”

0
8

Payakumbuh, Dekadepos.com

Walikota Payakumbuh Riza Falepi meminta Pelayanan yang diberikan kepada Masyarakat harus terus “Dipercantik” sebab hal tersebut juga menentukan kesan dan kualitas layanan yang akan diberikan. “Carikan petugas front office dari pegawai kita rancak (cantik-red) dan good looking (enak dipandang-red) juga ramah, murah senyum, dan juga mengerti dengan jenis layanan publik yang kita sediakan, sehingga masyarakat yang berurusan senang dan nyaman, kalau rasanya tenaga ASN kita terbatas,  silahkan diangkat tenaga THL (tenaga harian lepas- red) untuk hal itu,” jelas Walikota.

Walikota berharap dengan adanya Mal Pelayanan Publik (MPP) Di Kota Payakumbuh, segala perizinannya yang dibutuhkan masyarakat khususnya perizinannya berusaha Akan semakin cepat prosesnya.  Hal tersebut diungkapkan Walikota didampingi Wakil Walikota, Erwin Yunaz, di Pendopo Rumah Dinas Walikota Payakumbuh Senin 9 April 2018 dihadapan kepala Organisasi Perangkat Daerah Kota Payakumbuh dalam rangka rapat koordinasi pemerintah Kota Payakumbuh.

Rapat dihadiri oleh para Asisten dan juga seluruh kepala OPD se Kota Payakumbuh. Rakor digelar dalam rangka membahas berbagai program dan kegiatan strategis yang sedang dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh, salah satunya tentang arahan Presiden RI terkait keberadaan Satuan Tugas Percepatan Berusaha. “Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 91 tahun 2017 tentang Percepatan Pelayanan Berusaha, kita diminta untuk meningkatkan standar pelayanan perizinan berusaha yang efisien, mudah, murah dan terintegrasi, tanpa mengabaikan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,” ujar Walikota Payakumbuh,  Riza Falepi mengawali penyampaian. Dikatakan Riza,  melalui Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB) , pemerintah daerah diminta untuk membuat Mal Pelayanan yang memberi kemudahan masyarakat dalam berurusan.

“Kita dituntut untuk segera menghadirkan Mal Pelayanan Publik di Kota Payakumbuh. sesuai arahan MenPan-RB, Alhamdulillah kita sudah dapatkan tempatnya,  yaitu di lantai 1, kantor Balaikota Payakumbuh baru, lapangan poliko.  Mohon itu segera direalisasikan,” ujar Walikota kepada Kepala Dinas Perizinannya Terpadu Satu Pintu,  Hermayunis.

Dikatakan Riza, pengoperasionalan Mal Pelayanan Publik (MPP) tersebut nantinya harus memenuhi standar pelayanan publik sebagaimana amanat Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. “Ada banyak syarat dan kriteria yang harus dipenuhi sebagai standar layanan publik, termasuk bagaimana kita menghadirkan petugas front office layanan yang ramah dan membuat masyarakat senang dalam berurusan,” jelas Riza. (Est)