Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis BSBA kukuhkan FPL Padang Panjang

0
81
Padang Panjang,dekadepos.com

Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis BSBA, secara resmi mengukuhkan Forum Pegiat Literasi (FPL) Kota Padang Panjang untuk periode 2017 – 2022, melalui Surat Keputusan Walikota Padang Panjang Nomor 040/01/WAKO-PP/2017.

Pengukuhan Forum Pegiat Literasi (FPL) Kota Padang Panjang yang di ketuai oleh Muhammad Subhan, berlangsung di Aula Senja Kenangan Kota Padang Panjang, Senin (22/5).

Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis BSBA, dalam sambutannya menyampaikan Forum Pegiat Literasi (FPL) yang dikukuhkan ini diminta untuk saling bekerjasama dengan stakeholders terkait dan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Kebudayaaan, Pemuda & Olahraga dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang sehingga hal hal dalam bentuk kegiatan dapat dianggarkan dalam bentuk kegiatan di pemerintah.

” Forum Pegiat Literasi (FPL) Kota Padang Panjang, diharapkan bukan hanya menggairahkan minat baca bagi masyarakat saja tetapi juga mampu untuk mengajak masyarakat berkreasi dan berinovasi “, harap Hendri.

Sementara itu Ketua Forum Pegiat Literasi (FPL) Kota Padang Panjang, Muhammad Subhan mengatakan bahwa FPL akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Padang Panjang untuk ” Memasyarakatkan masyarakat padang panjang yang gemar membaca buku dan suka membuat karangan “.

Kita akan berkoordinasi dengan semua pihak untuk mengkampanyekan lapak baca dan wakaf buku. Gerakan ini harus masif dan berkelanjutan dilaksanakan sehingga kedepan padang panjang dapat menjadi Kota Literasi seperti yang kita harapkan, jelasnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pernah merilis tentang rendahnya budaya baca di Indonesia saat ini. Bahkan hasil survei sebuah perguruan tinggi di Amerika Serikat menempatkan Indonesia di urutan ke-60 dari 61 negara yang disurvei. UNESCO melalui data statistik UNESCO yang dilansir tahun 2012 menyebutkan, indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya, setiap 1.000 penduduk, hanya satu orang yang memiliki minat baca.

Menghadapi kondisi tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang, Alvi Sena, ST.,MT, kepada dekadepos.com mengatakan
Literasi sangat berkaitan erat dengan Gerakan Indonesia Membaca yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Gerakan Indonesia Membaca itu intinya adalah Literasi dan Literasi itu sendiri adalah Kemampuan untuk menyerap informasi dan pengetahuan, kemudian menggunakan pengetahuan itu untuk menyelesaikan persoalan.

Perlu disampaikan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menjadikan Kota Padang Panjang sebagai Pilot Project Gerakan Indonesia Membaca dan merupakan satu satunya di Provinsi di Sumatera Barat yang memperoleh bantuan. Hal ini dikarenakan Padang Panjang memiliki Forum Pegiat Literasi yang aktif ini. Kedepan Forum Pegiat Literasi ini akan ditingkatkan untuk lebih baik lagi, imbuhnya

Alvi berharap dengan adanya Forum Pegiat Literasi (FPL) ini, dapat menyemarakkan budaya baca bagi generasi penerus dan masyarakat di Kota Padang Panjang melalui kegiatan kegiatan lapak baca dan kampanye literasinya.

Pada acara pengukuhan ini, Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis BSBA didampingi  Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaaan, Pemuda dan Olahraga, Drs. Desmon, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Alvi Sena, ST.,MT, dan Ketua Forum Pegiat Literasi (FPL) Kota Padang Panjang, Muhammad Subhan  menyerahkan bantuan dari Kementerian Pendidikan RI kepada 7 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) binaan Dinas Pendidikan, Kebudayaaan, Pemuda dan Olahraga Kota Padang Panjang berupa donasi buku senilai Rp. 5.000.000 / TBM yang merupakan bagian dari Program Gerakan Indonesia Membaca. (EDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here