Walikota Payakumbuh : Mari Budayakan Olahraga

0
80

Payakumbuh, Dekadepos.com

Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui gerakan “Ayo Olahraga” di tahun 2017 meluncurkan program Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa yang diikuti sebagian kabupaten/kota se-Indonesia termasuk diantaranya kota Payakumbuh. Gowes Pesona Nusantara adalah iven bersepeda santai yang diikuti oleh masyarakat menyusuri keindahan kota yang dilalui, dengan track yang terus menyambung dimulai serentak dari empat titik terluar Indonesia yaitu Sabang, Merauke, Tarakan, dan Atambua, kemudian berakhir di Magelang, Jawa Tengah pada puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2017 mendatang. Sedangkan pelaksanaan di kota Payakumbuh dengan nama Etape Ngalau Indah digelar pada hari Sabtu (8/7) lalu.

Selain Walikota Payakumbuh, Riza Falepi turut hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Priadi Syukur, Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, Ketua DPRD YB Dt.  Parmato Alam, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Elfriza Zaharman, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah, undangan dan peserta sepeda santai.

Dalam sambutannya, Walikota Riza Falepi mengungkapkan bahwa membudayakan berolahraga perlu dimulai dari lingkungan keluarga, masyarakat di pedesaan, kelurahan hingga perkotaan. “Pembudayaan olahraga perlu dimulai dari masyarakat di pedesaan hingga masyarakat perkotaan dengan memperhatikan unsur 5M (Murah, Meriah, Menarik, Massal dan Manfaat)”, ungkap Riza.

Selain itu, Riza menambahkan bahwa semua lini mesti terlibat dalam mensukseskan budaya berolahraga tersebut. “Untuk menjadikan masyarakat berbudaya olahraga maka berbagai faktor harus dilaksanakan baik oleh pemerintah pusat, daerah, swasta dan masyarakat. Untuk mendorong hal tersebut program pemerintah sebagai rintisan bagi terciptanya gerakan budaya berolahraga hendaknya dilaksanakan secara teratur dan sistematik “, harap Riza.

Walikota juga mengaku bahwa potensi olahraga di kota Payakumbuh sangat tinggi. “Potensi olahraga di kota Payakumbuh sangat tinggi baik atlit maupun pelatih, namun kami terbatas dalam hal sarana dan prasarana olahraga. Untuk itu kiranya pihak kementerian pemuda dan olahraga dapat membantu kami dalam hal pembangunan dan pengembangan sarana prasarana olahraga dimaksud “, ungkap Walikota. Diakhir sambutan, Riza mengucapkan terimaksih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang telah memberikan kepercayaan kepada kota Payakumbuh sebagai salah satu dari 90 kota yang terpilih.

“Terimakasih saya sampaikan kepada Kementrian Pemuda dan Olahraga RI yang telah memberikan kepercayaan kepada kota Payakumbuh sebagai pelaksana Gowes Pesona Nusantara dan Gala Desa tahun 2017. Terimakasih kepada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kota Payakumbuh dan semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya kegiatan ini”, kata Riza mengakhiri.

Sementara itu, kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kota Payakumbuh Elfriza Zaharman mengungkapkan bahwa peserta dalam kegiatan Gowes Pesona Nusantara lebih kurang sebanyak 3500 peserta dari berbagai kalangan masyarakat. “Animo masyarakat sangat tinggi terlihat dengan membludaknya jumlah peserta yang mencapai 3500 orang lebih yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat. Sedangkan untuk iven Gala Desa yang merupakan pertandingan olahraga rakyat memperlombakan sejumlah cabang olah raga diantaranya sepak bola, sepak takraw, bola voli, bulu tangkis, tenis meja dan atletik yang  dilaksanakan di 6 kelurahan yaitu kelurahan Sicincin, Aua Kuniang Sawah Padang, Koto Panjang Lampasi, Tiaka, Tigo Koto Diateh dan kelurahan Koto Kociak Tugu Tapak Rajo”, ungkap Elvriza. (Esha Tegar) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here