Walikota Payakumbuh Resmikan Pasar Pabukoan

0
31

Payakumbuh, Dekadepos.com

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi meresmikan Pasar Pabukoan di Jalan Sutan Usman atau di Samping Rumah Makan Asia Baru pada Kamis 17 Apri 2018. Dalam peresmian tersebut Walikota didampingi, Asisten II Setdako, Amriul, Kapolsek Payakumbuh, Kompol Russirwan, Kadis Koperasi dan UKM, Dahler, Kadis Kesehatan Elzadaswarman, Kadis Lingkungan Hidup, John Kennedi, Kasatpol PP dan Damkar, Devitra serta perwakilan OPD se Kota Payakumbuh.

“Manfaatkanlah pasar pabukoan ini dengan baik. Nikmatilah segala kuliner yang tersedia. Selama sebulan ini, warga Payakumbuh akan dimanjakan dengan berbagai hidangan untuk berbuka,” ujar Wako Riza saat memberi sambutan pembukaan.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Payakumbuh dan dilanjutkan dengan Peninjauan ke lapak-lapak pabukoan yang sudah ramai dipadati oleh masyarakat yang membeli pabukoan. Berbagai ragam makanan dan jajanan khas pabukoan tersedia, mulai dari kolak, es tebak, lapek bugih, lamang tapai, cendol hingga lauk pauk. Disamping itu juga ada beragam olahan sayuran seperti sayuran lotek, gado-gado anyang tersedia di pasar musiman setiap bulan Ramadhan itu. Hiruk pikuk jual beli menambah ceria suasana peninjauan lapak oleh walikota dan rombongan.

Usai peresmian, Wako Kapolsek dan  pimpinan OPD serta sejumlah pejabat lainnya, meninjau seluruh kawasan pasar pabukoan sambil berdialog dengan pedagang. “Lai lamak gulai cancang ko tek, atau lai kamek kolak kampiunnyo ni,” ucap Wako Riza Falepi sembari dijawab candaan khas pula oleh para pedagang.

“Harus pak borong pabukoan kami ko pak, baru pak tahu lamak atau indaknyo,” jawab salah seorang pedagang yang berjualan gulai cancang.

Pada kesempatan itu, walikota juga mengingatkan agar para pedagang menjaga kehalalan, keamanan dan  kehigienisan jajanan mereka. Wako juga meminta agar pengelola pasar pabukoan mengatur jam buka berjualan di pasar pabukoan. “Tolong jaga keamanan dan kebersihan makanan pabukoan ini, jangan pakai zat macam-macam seperti formalin, boraks, karena yang akan memakan adalah sanak saudara kita semuanya. Nanti juga akan ada inspeksi dari BBPOM, kalau kedapatan ada zat berbahaya, akan ditindak,” ingat Wako Riza.

Terhadap para pedagang telah disosialisasikan agar tidak menggunakan bahan serta zat berbahaya dalam makanan. Sementara itu, Kabid Pengelola Pasar Agus Rubiono, menginformasikan, Pasar Pabukoan di Jalan Sutan Oesman sendiri diisi oleh 140 pedagang. (Est)