Wanita Cantik Tercyduk Bawa Sabu-sabu 1 Kg

0
369

Tarakan, Dekadepos.com

Seorang wanita cantik berinisial AM yang menggunakan baju kuning membawa sabu-sabu didalam tas dan kopernya diamankan Petugas Avsec Bandara Juwata Tarakan. Upaya penyelundupan itu kembali berhasil digagalkan Selasa (13/3/2018) di terminal keberangkatan Bandara Juwata Tarakan.

Penangkapan bermula, ketika wanita yang mengenakan hijab dan pakai kacamata minus ini melewati pintu security check point (SCP) II yang ada di terminal keberangkatan. Pada saat itu petugas Avsec melihat seorang wanita menggunakan baju kuning dan jilbab coklat ini dengan santainya melangkah masuk.

Meskipun langkahnya sangat santai, namun petugas Avsec di SCP II, yang telah dibekali pengetahuan security wearnes atau profiling dapat melihat gerak-gerik wanita berusia 30 tahun itu agak mencurigakan.

Melihat ini petugas Avsec langsung memeriksa tas yang dibawa AM. Ternyata kerugiaan petugas Avsec benar adanya. Ketika tas diperiksa di dalam tas itu ditemukan sabu-sabu bersama barang-barang lainnya, seperti sabun, bedak, dan kotak tisu basah.

Tak ayal AM yang memiliki kulit putih ini langsung diamankan dan dibawa ke gedung keamanan Bandara Juwata Tarakan.Di dalam gedung keamaan inilah, AM diperiksa dan dimintai keterangan dan ternyata sabu yang dibawa tidak hanya ada di dalam tas yang dibawanya, tapi juga koper yang akan dimasukan di bagasi.

Petugas langsung menimbang sabu tersebut dengan berat 1,080 kilogram.

AM ini berencana membawa sabu-sabu tersebut ke Makasaar, karena AM memiliki tiket Lion Air dengan penerbangan 739 dari Tarakan menuju Makassar yang berangkat pukul 12.30 Wita dari Bandara Juwata Tarakan.

Selama dilakukan pemeriksaan AM tidak mengakui kalau barang tersebut miliknya.

“Waktu dimintai keterangan wanita yang berparas cantik ini tidak mengakui. Tapi kami tidak percaya, karena kami melihat wanita ini sudah profesional.

Sebab waktu diperiksa wanita ini tidak grogi, tidak takut, tidak sedih dan santai saja. Bahkan tutur bahasanya manis sekali. Dengan adanya temuan ini AM kami serahkan kepada pihak berwewenang untuk ditindaklanjuti,” ujar Kepala Bandara Juwata Tarakan Elfi Amir seperti dilansir Tribunkaltim.com.

Elfi mengungkapkan, keberhasilan pengangkapan AM ini berkat petugas Avsec yang sangat jeli memantau dan mengawasi orang orang yang membawa barang-barang mencurigakan.

“Karena mereka kami bekali pengetahuan security wearnes atau profiling yang bisa memantau gerak gerik calon penumpang yang mencurigakan,”katanya.

Dengan penemuan ini, berarti dalam tiga bulan ini, petugas Avsec Bandara Juwata Tarakan berhasil mengagalkan tiga kali penyelundupan sabu-sabu yang dibawa calon penumpang melalui Bandara Juwata Tarakan.

“Ini keberhasilan petugas Avsec kita yang jeli melihat gerak-gerik calon penumpang yang mencurigakan,” katanya. (Est)