Warga Limapuluh Kota Terima Bantuan Bedah Rumah

0
21

LIMA PULUH KOTA. Dekadepos.com.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengapresiasi PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Bukittinggi yang telah mengalokasikan bantuan program bina lingkungan bedah rumah bagi pensiunan ASN di daerah ini. Ia berharap, bantuam serupa terus mengalir buat warga Limapuluh Kota pada tahun berikutnya. “Kita memberikan penghargaan yang tinggi kepada PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Bukittinggi. Sesuai dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo, ASN memang harus hadir di tengah masyarakat buat mewujudkan kesejahteraan dan perubahan kearah yang lebih baik lagi,” ungkap Bupati Irfendi dalam sambutannya ketika meresmikan pemakaian hasil bedah rumah milik pensinan ASN Muhammad Yunus (64) di Jorong Kayu Bajajar Padang Laweh Kenagarian Mungo Kecamatan Luak, Selasa (8/11).

Irfendi menyebut, pihaknya terus berupaya mencari dan mengaet bantuan serupa dari berbagai instansi pemerintah pusat maupun provinsi, agar ke depan tidak ada lagi warga yang mendiami rumah tidak layak huni. “Kita ingin seluruh masyarakat di daerah ini bisa hidup aman, nyaman dan bahagia. Kita akan terus berusaha membenahi kediaman warga yang tidak layak hingga menjadi layak. Salahsatu caranya dengan memanfaatkan berbagai bantuan pemerintah seperti dari kementerian Sosial,” tutur Irfendi menjawab wartawan di sela acara.

Seperti harapan Irfendi, selain bantuan satu unit rumah layak huni dari PT Taspen, tahun 2016 ini Kabupaten Limapuluh Kota juga kebagian rehab rumah dariKementerian Sosial. Bantuan tersebut dialokasikan bagi 40 unit rumah milik warga miskin dan 25 unit rumah Lansia dengan nilai bantuan masing-masingnya Rp15 juta. Selain itu, bantuan usaha bersama (KUBE) regular untuk 50 kelompok masyarakat dengan nilai masing-masingnya Rp20 juta serta KUBE Program keluarga Harapan (PKH) buat 50 kelompok yang masing-masingnya juga sebesar Rp20 juta.

“Selain program bina lingkungan bedah rumah bagi pensiunan ASN dari PT Taspen, kita juga kebagian bantuan rehab 65 unit rumah serta bantuan KUBE bagi 100 kelompok yang total nilai bantuannya mencapai Rp2,975 milyar,” papar Irfendi yang didampingi Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Husin Daruhan, SH. Sebelumnya Kepala PT Taspen Kantor Cabang Bukittinggi Furqon dalam laporannya mengatakan, bedah rumah itu merupakan program bina lingkungan PT Taspen peduli tahun 2016. Dijelaskan, program bina lingkungan tersebut, digulirkan dari pusat sebanyak 100 unit rumah secara serentak di tanah air. Khusus untuk Kantor Cabang Bukittinggi mendapatkan kuota sebanyak dua unit yang salahsatunya diperoleh warga Limapuluh Kota Muhammad Yunus.

“Sesuai harapan Bupati Irfendi, untuk tahun-tahun berikutnya kami akan memprioritaskan bantuan serupa bagi warga Limapuluh Kota. Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) ini tidak hanya sekarang, namun jauh hari sebelumnya juga ada bantuan Sembako murah, bantuan rumah ibadah, bantuan bencana dan bantuan sosial lainnya,” jelas Furqon. Ikut hadir dalam acara itu Kepala BKD Kabupaten Limapuluh Kota Drs. Indra Nazwar, Inspektur Kasman Kasim, SH, Staf Ahli Azwardi, Kabag Humas dan Protokoler Joni Amir, S.,Sos, Camat Luak M Ali Firdaus, S.Sos dan Wali Nagari Mungo. (Esha Tegar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here