Warga Minang Bakal Baralek Gadang di Propinsi Jambi

0
22

Payakumbuh, dekadepos.com

Jika tak ada aral melintang, warga Minang yang bermukim di Propinsi Jambi terhimpun dalam wadah organisasi kemasyarakatan Himpunan Masyarakat Minang (HMM) Propinsi Jambi, bakal mengelar alek gadang pada tanggal 28 Juli 2017 mendatang bertempat di Ratu Conventional Centre (RCC) Broni Jambi. Hal itu diungkapkan salah seorang tokoh perantau Jambi asal Padang Pariaman, Haji Darpimas Ali, yang sekaligus sebagai panitia alek ketika berkunjung ke Kota Payakumbuh, baru-baru ini. Menurut pengusaha optik yang cukup sukses itu, adapun alek gadang yang digelar tersebut adalah Halal bi Halal sekaligus pengukuhan Pengurus Himpunan Masyarakat Minang (HMM) Propinsi Jambi periode tahun 2017-2022.

Diakui Haji Darpimas Ali, kedatangannya ke sejumlah daerah di Sumbar menemui sejumlah tokoh masyarakat, dalam angka mensukseskan aleg gadang tersebut sekaligus menginformasikan kepada tokoh-tokoh urang awak yang ada di kampung halaman. Lebih jauh diungkapan Haji Darpimas Ali, Himpunan Masyarakat Minang Propinsi Jambi (HMM) ini sudah berdiri sejak tahun 1967 lalu. “Himpunan Masyarakat Minang ini merupakan wadah perhimpunan dari berbagai Ikatan Kelompok (IKK) berdasarkan kabupaten dan kota yang ada di Propinsi Sumatera Barat,” ujar Haji Darpimas Ali.

Putra Kabupaten Padang Pariaman itu juga membeberkan bahwa, keberadaan Himpunan Masyarakat Minang Propinsi Jambi ini, bertujuan untuk menggalang rasa persaudaraan antara sesawa urang awak yang ada di Jambi. Selain tugas pokoknya untuk kegiatan sosial, dengan artinya kata, kaba baik bahimbauan, kaba buruak bahambuan, saciok bak ayam, sadanciang nan bak basi, dirajuik jambatan hati basamo mangko manjadi. “ Dengan adanya kegiatan Halal bi Halal dan pengukuhan pengurusan HMM ini, diharapkan akan semakin kokoh rasa persaudaraan dan kebersamaan bagi kepengurusan Himpunan Masyarakat Minang Propinsi Jambi, sehingga semakin solid dalam membangun Jambi dimana bumi dipijak di sinan langik dijunjuang,” ulas Haji Darpimas Ali.

Diakhir wawancara, Haji Darpimas Ali juga mengatakan bahwa bahwa Halal bi Halal dan pengukuhan Himpunan Masyarakat Minang Propinsi Jambi ini, bakal hadir dan dibuka Gubernur Jambi, Zumi Zola, serta akan dihadiri sejumlah Muspida yang ada I di Propinsi Jambi. “ Insya Allah juga akan hadir sejumlah tokoh masyarakat yang ada di Sumatera Barat, termasuk tokoh-tokoh urang awak tingkat nasional ” sebut Haji Darlimas Ali.

Untuk memeriahkan alek gadang pengukuhan Himpunan Masyarakat Minang Propinsi Jambi ini, akan dihibur dengan kesenian Minang dan sejumlah artis Minang. Adapun yang akan dikukuhkan menjadi Ketua Himpunan Masyarakat Minang Jambi adalah, Prof. H. joni Najwan. SH, MH, PhD (Ketua) yang juga Rektor di Universitas Jambi, Drs. Arman Safaat, MM. (Sekretaris). (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here