Waspada, Dua Sopir Angkutan Umum Positif Konsumsi Narkoba

0
54

Payakumbuh, Dekadepos.com

Dua orang Sopir dari Delapan Puluh Lima orang sopir angkutan Umum yang mengikuti Tes Urine yang digelar oleh Tim Gabungan Badan Narkotika Nasional (BNNK) Payakumbuh, Satresnarkoba serta Satlantas Polres Payakumbuh diketahui Positif mengkonsumsi Narkoba jenis Ganja Kering dan Sabu-sabu. Hal tersebut diketahui setelah keduanya, YU (36) Warga Payakumbuh Barat serta DF (25) yang mengaku beralamat di Pariaman mengikuti rangkaian pemeriksaan, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga Tes Urine. Meski kedua sopir tersebut diamankan ke Kantor BNNK Payakumbuh di Kelurahan Sawah Padang Kecamatan Payakumbuh Selatan, namun para penumpang tetap bisa melanjutkan perjalanan mereka, sebab sopir cadangan dari kedua bus tersebut bisa menggantikan kedua sopir yang melanjutkan pemeriksaan.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes urine kepada para sopir, BNNK Payakumbuh juga memberikan Sosialiasi Singkat Bahaya Narkoba kepada para penumpang, termasuk memberikan brosur yang berisi Bahaya Narkoba. Dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap kedua sopir itu, diketahui bahwa mereka yang menggunakan narkotika tersebut murni pecandu/korban penyalahguna dan selanjutnya diwajibkan mengikuti rehab dan wajib lapor di klinik pratama BNNK Payakumbuh.

“ Memang, dari hasil Tes Urine yang kita lakukan terhadap puluhan sopir angkutan umum, diketahui dua orang diantarannya mengkonsumsi Narkoba jenis sabu-sabu dan Ganja Kering. Setelah kita lakukan pemeriksaan, mereka diketahui adalah korban Penyalahgunaan Narkoba, dan diwajibkan untuk melapor dan mengikuti rehabilitasi.” Sebut Kepala BNNK Payakumbuh, AKBP, Firdaus didampingi Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Indra Yulita, Rabu sore (21/6).

Salah seorang penumpang angkutan umum yang mengetahui kegiatan tes urine dan pemeriksaan kesehatan gratis, mengaku sangat menyambut baik kegiatan yang digelar dalam rangka Operasi Bersinar itu, sehingga para penumpang dapat selamat selama dalam perjalanan mudik. “ Kita sangat menyambut baik kegiatan ini, sebab memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang jika supirnya bebas dari Narkoba”. Sebut Rina.

Ditempat terpisah, Wakil Ketua DPRD Payakumbuh, Wilman Singkuan mengaku mengapresiasi dan mendukung langkah Tim Gabungan (BNN, Satresnarkoba serta Satlantas.red) yang melakukan Tes Kesehatan, Tes Urine serta pemeriksaan barang-barang bawaan para penumpang yang melintas di Payakumbuh. “ Kita tentu mendukung langkah Tim Gabungan yang melakukan Tes Urine terhadap para sopir, sebab para sopir memegang peranan penting dalam membawa kendaraan, jika saja mereka (sopir.red) tidak dalam keadaan normal atau dibawah pengaruh Narkoba tentu kita khawatirkan akan membahayakan keselamatan para penumpang”. Sebut Politisi Demokrat Daerah Pemilihan Payakumbuh II (Kecamatan Payakumbuh Utara dan Latina) itu.

Wilman juga menambahkan, Tes Urine dan razia barang-barang bawaan penumpang sangat bagus dilaksanakan, sebab penyalah-gunaan dan peredaran Narkoba di Payakumbuh sudah masuk ke taraf yang mengkhawatirkan. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here