Wujudkan Mudik Aman Tim Gabungan Tes Urine, Cek Kesehatan dan Razia Angkutan Umum

0
58

Payakumbuh, Dekadepos.com

Tim Gabungan Badan Narkotika Nasional (BNNK) Payakumbuh, Satresnarkoba serta Satlantas Polres Payakumbuh melakukan razia terhadap kendaraan Angkutan Umum Angkutan Kota Antar Propinsi (AKAP), Angkutan Kota Dalam Propinsi (AKDP) serta Angkutan Jemput Antar Propinsi (AJAP) yang melintas di wilayah Payakumbuh. Selain melakukan razia untuk mengantisipasi peredaran dan penyalah-gunaan Narkoba, Tim gabungan juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis dan tes urine Narkoba.

Kegiatan tersebut digelar di Terminal Bus Koto Nan IV pada Rabu (21/6), selain dihadiri langsung oleh Kepala BNNK Payakumbuh, AKBP. Firdaus juga ikut hadir Kepala Dinas Perhubungan, Adrian serta KBO. Satlantas Polres Payakumbuh, Ipda. Imam Teguh dan Kanit Turjawali, Ipda. Syafrizal. Kendaraan umum yang melintas, diarahkan oleh anggota BNN dan Satlantas untuk masuk ke terminal untuk menjalani pemeriksaan.

Selain melakukan pemeriksaan, terhadap bawaan para penumpang, anggota Tim Gabungan juga melakukan pemeriksaan terhadap penumpang, termasuk menggiring sopir untuk melakukan cek/pemeriksaan kesehatan gratis dan tes urine. AKBP. Firdaus mengatakan bahwa, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyalah-gunaan Narkoba serta mewujudkan mudik yang aman bagi masyarakat. “ Kegiatan ini kita laksanakan untuk mengantisipasi penyalah-gunaan Narkoba, juga agar masyarakat pemudik mendapatkan kenyamanan selama dalam perjalanan. Sebab beberapa waktu sebelumnya dari penjangkauan yang kita lakukan, sekitar 570 orang lebih telah menjalani rehabilitasi”. Sebutnya.

Ia juga menambahkan, BNNK Payakumbuh juga membuka stand pencegahan/sosialisasi di Terminal Koto Nan IV yang membawa sejumlah data/foto-foto jenis-jenis Narkoba, agar masyarakat mengetahui jenis-jenis Narkoba.

Dari pantauan di lapangan, usai petugas melakukan pemeriksaan terhadap bawaan penumpang dan kendaraan umum tersebut, setiap sopir digiring oleh petugas ke meja yang telah disediakan, usai menjalani pemeriksaan kesehatan dilanjutkan dengan pemeriksaan secara kasat mata terhadap sopir, apakah ia mengkonsumsi Narkoba atau tidak dan terakhir dilanjutkan dengan tes urine. (Esha Tegar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here