Yuzalmon : Pemilu 2019 Berbeda dengan Pemilu Sebelumnya

0
140

Payakumbuh, Dekadepos.com

Yuzalmon, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh mengatakan bahwa dalam waktu dekat Pihaknya bakal segera melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu Serentak tahun 2019. Hal tersebut ia ungkapkan saat menjadi Narasumber dalam acara Sosialisasi Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang di Gelar di Aula Balaikota Payakumbuh Lantai III, Selasa (6/2).

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa dalam pada Pemilu serentak tahun 2019 nanti bakal terjadi sejumlah perubahan, baik dari segi penyelenggara Pemilu maupun hal lainnya. Dari segi penyelenggara (KPU) sesuai dengan Undang-undang tersebut nantinya hanya akan ada tiga orang Komisioner ditiap KPU Propinsi maupun Kabupaten/Kota. Meski begitu, sejumlah daerah yang jumlah penduduknya banyak/gerorafisnya sulit jumlah tersebut tidak berlaku. Diantaranya di Propinsi Lampung, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara, sementara untuk di Sumbar, Kabupaten/kota yang tidak berlaku hal itu adalah di Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Agam.

Selain terkait Komisioner, dengan lahinrya Undang-undang baru tersebut terdapat sejumlah perbedaan dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya, dimana untuk Pemilu nanti bakal digelar serentak, sebelumnya digelar tidak serentak, contohnya Pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden digelar setelah Pemilu Legislatif selesai dilaksanakan. Selain itu, kotak suara pada Pemilu Serentak nanti (17 April 2019) mencapai 5 Kotak suara, jumlah tersebut lebih banyak 1 kotak suara dibanding Pemilu sebelumnya.

“ Dengan adanya Undang-undang Nomor 7 tahun 2017, terdapat perbedaan dalam Pemilu serentak nanti jika dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya, dibeberapa level KPU terjadi pengurangan dan penambahan Komisioner KPU, hal tersebut berdasarkan jumlah penduduk dan geografis suatu daerah.” Sebut Yuzalmon dihadapan ratusan peserta Sosialiasi yang terdiri dari Pengurus Parpol dan Ormas.

Dosen disejumlah Perguruan Tinggi juga menambahkan, terkait Tahapan Pemilu, dalam waktu dekat KPU bakal melakukan Pemutakhiran Data Pemilih. “ Untuk Pemutakhiran data pemilih dalam bulan April kami akan turun ke lapangan.”. tutupnya. (Est)